Setting Cortana Search Untuk Tidak Menggunakan Bing dan Edge, Namun Gunakan Google dan Chrome

Bagi pengguna Windows, Cortana menyediakan kotak pencarian yang bisa kamu gunakan untuk mencari apapun dengan mudah. Sayangnya, Cortana selalu menggunakan Microsoft Edge dan Bing untuk melakukan pencarian web. Well, kalau kamu tidak menyukai browser dan search engine tersebut, kamu bisa membuat Cortana Menggunakan web browser pilihan kamu. .

Secara default, Cortana akan selalu melakukan pencarian di browser Edge. Sebelumnya user diperbolehkan untuk memilih browser lain yang mau digunkan, tapi belakangan Microsoft telah menutup celah ini. Untungnya, ada sebuah aplikasi third-party dan open source yang bernama EdgeDeflector bisa melakukan hal ini.

Berikut cara Setting Cortana Search Untuk Tidak Menggunakan Bing dan Edge, Namun Gunakan Google dan Chrome:

1. Mulai dengan mendownload .exe dari sini dan kemudian buka aplikasi ini.

2. Kemudian, kamu harus set up dengan membuat pencarian dengan Cortana. Tekan tombol Windows atau klik pada tombol Start untuk membuka menu Start.

3. Masukkan sebuah pencarian sampai kamu melihat “Search the web” dan klik tulisan tersebut.

2017-03-15 16_49_44-Program Manager

4. Kamu akan melihat pop-up yang bertuliskan “How do you want to open this?” Pilih “EdgeDeflector” dari daftar dan centang kotak “Always use this app.”

2017-03-15 16_50_58-Photos

5. Dan kamu akan melihat pencarian yang muncul di browser default kamu.

6. Jika kamu tidak masalah menggunakan Bing, maka kamu bisa berhenti sampai disini. Namun, jika kamu ingin melakukan pencarian dengan Google, kamu harus melakukan langkah berikut ini.

7. Kamu bisa mengarahkan Bing search menjadi Google dengan menggunakan ekstensi Chrometana untuk Chrome atau Bing-Google untuk Firefox. Cukup instal extension tersbut dari link yang telah kami berikan di atas, dan mereka akan bekerja di background untuk mengarahkan setiap search di Bing menjadi Google sebagai gantinya.

NOTE: extension ini akan mengarahkan semua pencarian. Jadi, jika kamu masuk ke Bing.com dan mencari sesuatu, maka extension ini akan tetap mengarahkan kamu ke Google. Jika kamu ingin melakukan pencarian dengan Bing, maka kamu harus menonaktifkan extension ini.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.