Membuat Wallpaper Windows 10 Menjadi High Quality Lagi

Secara default, Windows 10 akan compress gambar JPEG yang kamu gunakan sebagai background, yang mengurangi menjadi sekitar 85% dari kualitas aslinya. Jika kamu merasa kurang puas dengan hasil image dari proses compress ini, berikut adalah cara untuk menggunakan gambar high quality.

Berikut adalah cara untuk mengganti gambar wallpaper yang telah di-compress Windows dengan gambar high quality di File Explorer, dan cara mematikan automatic compress ini dalam Registry Windows.

Replace Image Yang Telah Di-Compress Dengan Image Full Quality

Windows menyimpan gambar bckground yang sudah di-compress ke direktori berikut:

C:\Users\USERNAME\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Themes

Di sana, kamu akan melihat sebuah file bernama hanya “TranscodedWallpaper” yang tidak memiliki ekstensi file.

wcw_1-650x255

Jika kamu tidak sering mengganti-ganti wallpaper dan tidak suka masuk ke dalam Registry untuk mematikannya, kamu bisa dengan mudah mengganti gambar yang di-compress dengan versi high quality menggunakan cara berikut:

1. Ubah nama file “TranscodedWallpaper” menjadi “TranscodedWallpaper_old”. Lakukan lagkah ini dan jangan menhapus file tersebut untuk berjaga-jaga apabila kamu ingin recover dari file tersebut.

2. Cari image original dan copy image tersebut.

3. Ubah nama copy image original menjadi “TranscodedWallpaper”.

4. Drag file “TranscodedWallpaper” baru ke folder Themes.

Cukup lakukan ini jika kamu ingin membuat wallpaper Windows 10 menjadi image original dengan full quality. Jika kamu ingi menonaktifkan compress image, maka ikuti langkah dibawah ini.

Menonaktifkan Compression dalam Windows Registry

Untuk menonaktifkan compress wallpaper pada Windows 10, kamu harus membuat perubahan kecil pada Registry Windows.

1. Buka Registry Editor dengan menekan Search dan ketik “regedit.” Tekan Enter untuk membuka Registry Editor dan berikan izin untuk membuat perubahan pada PC kamu.

wcw_2

2. Dalam Registry Editor, gunakan sidebar kiri untuk menavigasi ke path berikut:

HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop

wcw_3-650x316

3. Kemudian, kamu harus menciptakan key baru di dalam “Desktop”. Klik kanan Desktop dan pilih New> DWORD (32-bit). Namai key baru tersebut “JPEGImportQuality”.

wcw_4-650x316

4. Klik dua kali key baru “JPEGImportQuality” untuk membuka dialog Property. Ganti setting “Base” menjadi “Decimal” dan kemudian masukkan nilai antara 60 dan 100 dalam kotak “Value data”. Nilai yang kamu masukkan ini menunjukan kualitas gambar, jadi jika kamu mau menggunakn image denga kualitas penuh tanpa compress, masukkan nilai 100. Klik “OK” setelah selesai

wcw_5a

Kamu sekarang sudah boleh menutup Registry Editor. Dan kamu harus me-restart komputer kamu kemudian setting gambar baru untuk backgrun agar perubahan baru bisa diterapkan. Mulai sekarang setiap gambar yang kamu setting menjadi background tidak akan di-compress sama sekali.

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.