Membuat Start Menu dan Action Center Windows 10 Tetap Hitam Sementara Menggunakan Warna Accent

Windows 10 Option Personalisasi hanya menyediakan satu pilihan untuk menggunakan warna accent pada taskbar, Start menu, dan Action Center sekaligus dan tidak membiarkan kamu memilih warna untuk masing-masing.

Cara Membuat Start Menu dan Action Center Tetap Berwarna Hitam dengan Mengedit Registry

Untuk membuat Start Menu dan latar belakang Action center tetap hitam, kamu perlu melakukan penyesuaian untuk satu pengaturan di Registry Windows. Sebelum kamu mulai mengedit, masuklah ke  Settings>  Personalization > Colors. Pilih warna accent dan pilih on untuk opsi “Show color on Start, taskbar, and action center”.

2016-09-14-01_23_43-new-notification

Setelah itu, Kamu sudah boleh menuju ke Registry.

1. Buka Registry Editor dengan menekan Start dan ketik”regedit.” Tekan Enter untuk membuka Registry Editor dan klik “yes” untuk memberikan izin untuk membuat perubahan pada PC kamu.

2016-09-14-01_25_53-start

2. Dalam Registry Editor, gunakan sidebar kiri untuk menavigasi ke path berikut:

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Themes\Personalize

650x317xsab_2-650x317

3. Di sebelah kanan, double klik ColorPrevalence untuk membuka window propertinya.

650x317xsab_3-650x317

4. Pada window properti ini, ubahlah nilai ke 3 dalam kotak “Value data” dan kemudian klik “OK.”

331x199xsab_4

Dan sekarang kamu bisa close Registry Editor. Tidak perlu me-restart komputer atau apa pun. Perubahan ini bersifat segera, jadi cobalah membuka menu Start atau Action Center untuk memastikan latar belakang berwarna hitam.

Kamu harus berhati-hati saat mengubah Personalization options setelah kamu membuat pengaturan ini. Karena kamu bisa me-reset ulang nilai Registry dan harus mengubahnya lagi. Ini yang harus kamu ketahui:

  • Kamu bisa mengubah accent colorkapanpun kamu inginkan. Hal ini tidak akan mempengaruhi pengaturan Registry.
  • Kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan setting “Show color on title bar” tanpa mempengaruhi pengaturan Registry.
  • Jika kamu menonaktifkan setting “Show color on Start, taskbar, and action center”, nilai ColorPrevalence akan reset ke 0 dan ketiga item tersebut akan berubah menjadi warna hitam. Jika kamu mengaktifkan opsi ini kembali, nilai ColorPrevalence akan menjadi 1 dan ketiga item  tersebut akan menampilkan warna accent. Kamu harus kembali mengatur nilai menjadi 3 dalam Registry lagi untuk mendapatkan latar belakang hitam kembali pada menu Start dan Action Center.

Tentu saja, ini juga berarti bahwa jika kamu tidak menyukai pengaturan yang sudah dibuat dalam Registry, kamu tidak perlu kembali ke Registry untuk me-reset. Kamu hanya perlu mengubah option di pengaturan Personalization settings.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.