Cara Share Single Wi-Fi Connection Dengan Semua Device Kamu

Banyak hotel yang masih membatasi untuk satu atau dua perangkat Wi-Fi per kamar, hal ini memang sangat menyebalkan terutama ketika bepergian dengan orang lain. Connection restrictions bisa berlaku di mana saja ketika kamu harus login ke jaringan Wi-Fi melalui portal bukan melalui passphrase standar. Berikut adalah beberapa cara untuk menyiasati restriction ini:

Connect Wifi dengan Laptop dan kemudian Share Connection

Jika kamu membawa laptop Windows atau Mac, cukup mudah untuk share koneksi Wi-Fi hotel kamu dengan device lainnya.

Bagaimana mengubah laptop Windows kamu menjadi Mobile Wi-Fi Hotspot tergantung pada versi Windows yang kamu jalankan. Pada Windows 10, masuk ke Settings> Network & Internet > Mobile Hotspot. Pada Windows 7 atau 8, kamu harus menginstal free tool bernama Virtual Router. Untuk mengaktifkan Mac kamu menjadi mobile hotspot Wi-Fi , kamu perlu membeli USB Wi-Fi adapter.

650x299xwmh_c-1

Membuat PAN Bluetooth

Jika device kamu memiliki bluetooth software, kamu bisa menggunakan Bluetooth untuk sharing koneksi. Namun kamu perlu membuat Bluetooth “PAN”, atau “Personal Area Network.”

Sebagai contohnya, pada Mac kamu bisa membuka Sharing interface di System Services window  dan mengaktifkan sharing Internet melalui “Bluetooth PAN.” Pair device lain ke Mac melalui Bluetooth untuk terhubung ke PAN dan koneksi internet Mac. Selama device lain memiliki software Bluetooth dan mendukung profil PAN, maka ini menjadi pilihan yang baik.

650x380xwhh_1-650x380

Membeli WiFi-to-WiFi Router

Kamu juga bisa membeli router yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Kamu memerlukan sebuah router yang dapat melakukan WiFi-to-WiFi routing. Dengan kata lain, router harus dapat terhubung ke hotspot Wi-Fi dan membuat  jaringan Wi-Fi sendiri pada saat yang sama.

Pastikan untuk membeli router yang dirancang untuk tujuan sharing koneksi Wi-Fi, bukan router berukuran pocket yang dirancang untuk menghubungkan ke port Ethernet dan menciptakan satu jaringan Wi-Fi.

Pasang router dan jaringan hotspot Wi-Fi akan terbuat secara otomatis. Kemudian kamu bisa connect ke koneksi Wi-Fi hotel dan masuk melalui captive portal untuk memberikan akses koneksi internet ke setiap device yang terhubung ke Wi-Fi hotspot.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.