Cara Screenshot pada Windows 10

Ada banyak tools untuk screenshot di Windows. Kamu tidak perlu menginstal aplikasi lain apabila kamu hanya ingin screenshot yang basic. Berikut adalah caranya untuk mengambil screenshot di windows 10:

Print Screen (PrtSc)

Kamu bisa menggunakan print screen untuk mengambil screenshot dan secara otomatis di-save sebagai file, ataupun tanpa di-save, atau mengambil screenshot hanya dari satu window (bukan seluruh layar). Tombol print screen biasanya bernama “PrtScn,” “PrntScrn,” “Print Scr,” atau yang serupa.

Tekan “Windows + PrtScn.” Jika kamu menggunakan tablet, tekan “Windows + tombol volume bawah.” Layar akan redup sejenak dan gambar screenshot disimpan sebagai file dalam folder Screenshots (di / Users / Nama Pengguna / Pictures/Screenshots). Jika folder Screenshot tidak ada, Windows akan membuatnya secara otomatis. Screenshot secara otomatis diberi nama sebagai “Screenshot (Jumlah) .png” dengan angka yang menunjukkan indeks counter screenshot. 

2015-12-30 15_13_53-Add New Post ‹ Kompiku.info — WordPress

Note: Layar hanya akan redup apabila kamu telah mengaktifkan Animate windows when minimizing and maximizingpada pengaturan efek visual kamu. (Control Panel>System> Advanced system settings> Klik tab Advanced> Klik Settings pada bagian Performance).

2015-12-30 15_16_03-How to Take Screenshots in Windows 10

Pada beberapa laptop dan perangkat lainnya, kamu mungkin perlu menekan Windows + Ctrl + PrtScnatau Windows + Fn + PrtScnsebagai gantinya. Periksa buku manual laptop atau perangkat tersebut untuk informasi lebih lanjut.

Screenshot dari Layar Tanpa di-save

Tekan PrtScn”. Sebuah screenshot dari layar kamu sudah di-copy ke clipboard, kamu tingga paste di manapun yang kamu mau. Dimensi gambar akan sama dengan resolusi desktop kamu.

Screenshot Satu Window saja

Klik pada title bar dari window yang mau kamu screenshot. Tekan Alt + PrtScn“. Sebuah screenshot dari window tersebut akan di-copy ke clipboard, paste di manapun yang kamu mau.

 

 

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.