Cara Scan (dan Fix) Corrupt System File pada Windows

Jika PC kamu sering mengalami kesulitan saat startup, kemungkinan Windows system files  telah rusak, hilang, atau bahkan telah berubah karena instalasi suatu softwar.

Jika sistem kamu masih bisa start, bahkan masuk dalam Safe Mode, maka kamu bisa menjalankan utility yang tepat dari Windows. Jika Windows tidak bisa start, kamu juga bisa menjalankannya dari Command Prompt yang tersedia ketika kamu boot dari media instalasi kamu ke repair mode.

Untuk menjalankan utility ini di Windows, kamu perlu membuka Command Prompt dalam mode administrator.

1. Klik kanan pada menu Start atau tekan Windows + X pada keyboard, dan pilih “Command Prompt (Admin)” dari menu Administrative Tools.

325x407xmenu

2. Setelah Command Prompt (Admin) terbuka, kamu bisa menjalankan utilitas dengan menggunakan sintaks berikut:

SFC [/SCANNOW] [/VERIFYONLY] [/SCANFILE=<file>] [/VERIFYFILE=<file>]
[/OFFWINDIR=<offline windows directory> /OFFBOOTDIR=<offline boot directory>]

3. Pilihan yang paling berguna adalah untuk scan seluruh sistem secepat mungkin, dimana sistem akan men-scan dan berusaha untuk memperbaiki file yang telah diubah atau rusak. Kamu bisa melakukannya dengan perintah ini:

sfc /scannow

650x329xscannow_2-650x329

4. Atau, kamu bisa menggunakan perintah “sfc /verifyonly" untuk men-scan sistem, tetapi tidak melakukan perbaikan apapun.

5. Kamu juga bisa hanya men-scan atau memverifikasi file tertentu menggunakan “/scanfile=<file>” atau “/verifyfile=<file>” bersama dengan path lengkap dari file target, seperti ini:

sfc /scanfile=c:\windows\system32\kernel32.dll

Utility ini tidak ada pada versi Windows yang lama, tetapi kamu mungkin memiliki pilihan yang sedikit berbeda. Kamu selalu bisa menggunakan command “sfc /?” untuk mendapatkan semua support pada semua versi Windows.

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.