Cara Pair Up Devices via Bluetooth

Hampir semua smartphone yang kita miliki,  memiliki fitur Bluetooth yang dapat digunakan untuk terhubung ke devices lain. Yang bisa memudahkan untuk mentransfer data tanpa gangguan. Inilah langkah untuk pair up devices via bluetooth:

1. Aktifkan Bluetooth ke discovey mode di devices kamu.

Cara melakukannya tergantung pada jenis devices kamu. Untuk mouse atau keyboard atau headset, biasanya kamu mesti menahan tombol tertentu untuk beberapa waktu sampai terlihat sinyal cahaya dihidupkan. Dalam untuk smartphone, masuklah ke “settings”, kemudian cari “Bluetooth” dan aktifkan.

Untuk komputer MAC, kamu  perlu mengakses ke layar Setting Bluetooth.

Dan untuk Windows, pilih “Control Panel” dan cari opsi “Bluetooth”. Klik pada pilihan “Change Bluetooth Setting” dan aktifkan opsi “Allow Bluetooth device to find this computer/PC”.

2. Setelah mengaktifkan discovey mode, maka masuklah ke settings Bluetooth pada device. Kamu bakal melihat daftar devices yang ada di sekitar. Pastikan Bluetooth devices diaktifkan. Metode ini juga sangat mudah di perangkat OS seperti:

  • iPad dan iPhone. Buka Settings dan klik ikon Bluetooth yang terletak di daftar.
  • Atau masuk ke Settings, pilih “Wireless & Networks”, dan klik opsi “Bluetooth”.
  • Masuk ke Control Panel, klik “Devices dan Printers”, pilih “Add a Device”.
  • Pada Mac OS X, buka menu Apple dan pilih “System Preferences”. Kemudian klik pada icon Bluetooth.

3. Pairing up

 

Ketika kamu melihat banyak daftar perangkat yang ditemukan di sekitar kamu, cukup pilih salah satu saja. Namun, terkadang kamu mungkin diminta untuk memasukkan kode PIN untuk pairing up. Pada kebanyakan devices, kode ini akan ditampilkan dilayar. Misalnya, kalau Andamau pairing up ponsel ke komputer, kode akan ditampilkan pada layar telepon. Dan kamu tinggal mengetik kode ke komputer.

Pair-Up-Devices-via-Bluetooth

 

Namun, jika kamu tidak menemukan kode, masukkan kode “0000” – kebanyakan berhasil di berbagai devices. Tapi jika masih gagal, carilah informasi di web atau dokumentasi devices kamu.

4. Setelah kedua perangkat dipasangkan, mereka sudah bisa ‘melihat’ satu sama lain dan berkomunikasi. Dan untuk berikutnya, kamu tidak perlu mengulangi tahap ini lagi dari awal.

Gampang kan!

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.