Cara Nonaktifkan Akses ke Windows Registry

Apabila kamu salah mengedit salah satu item dalam Registry Windows dapat menyebabkan berbagai jenis masalah.  So, jika kamu sharing PC dengan orang lain, kamu bisa mencegah user lain untuk mengakses dan mengedit Registry.

Ketika kamu sharing PC dengan orang lain, kamu bisa mengunci aspek-aspek tertentu dari Windows. Sebagai contoh disini, kamu bisa menonaktifkan akses ke Registry Editor, jika kamu lebih prefer agar orang lain tidak bisa mengaksesnya. Berikut adalah caranya:

Salah satu peringatan yang sangat penting. Pastikan kamu mencegah akses hanya untuk user yang kamu inginkan. Dan kamu harus selalu meninggalkan setidaknya satu account administratif pada PC kamu yang tidak dikunci dalam akses ke Registry. Jika tidak, kamu mungkin tidak bisa membalikkan perubahan ini.

Nonaktifkan Akses ke Registry dengan Mengedit Registry

Sebelum kamu mulai mengedit Registry, kamu perlu melakukan dua langkah berikut:

  • Jika account user yang mau kamu batasi untuk akses ke Registry adalah account standar, kamu harus mengubah account tersebut menjadi administrator untuk sementara. Dan kamu harus mengubahnya kembali lagi setelah perubahan dilakukan.
  • Kamu harus log in sebagai user yang ingin membuat perubahan, dan kemudian mengedit Registry saat kamu sedang sign in dengan account mereka.

Dan jika kamu memiliki beberapa user yang mau kamu batasi untuk akses ke Registry, kamu harus mengulangi dua langkah diatas ini untuk setiap user.

Setelah kamu berhasil sign in dengan account yang mau kamu ubah, buka Registry Editor dengan menekan Start dan ketik “regedit.” Tekan Enter untuk membuka Registry Editor dan berikan izin untuk membuat perubahan pada PC kamu.

391x568xwdr_1

Dalam Registry Editor, gunakan sidebar kiri untuk menavigasi ke path berikut:

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System

650x302xwdr_2-650x302

Berikutnya, kamu perlu menciptakan key baru dalam key “System”. Klik kanan pada key “System” dan pilih “New > DWORD (32-bit) value”. Namakan key baru tersebut sebagai “DisableRegistryTools.”

650x302xwdr_3-650x302

Selanjutnya, double click key “DisableRegistryTools” untuk membuka window propertinya. Ubah nilai dari 0 ke 1 dalam kotak “Value data” dan kemudian klik “OK.”

331x199xwdr_4

Sekarang kamu sudah boleh exit Registry Editor. Perubahan ini langsung terjadi dan kamu bisa menge-test dengan mencoba membuka Registry Editor lagi. Pada saat ini kamu seharusnya akan melihat sebuah pesan error. Setelah itu, Log out dari user tersebut dan log in kembali dengan account administratif, kemudian ubahlah account user tersebut kembali ke account standar seperti sebelumnya.

414x156xwdr_5

Jika kamu mau membalikkan perubahan, kamu harus log in kembali ke account tersebut dan pastikan kamu sudah mengubahnya sebagai administratif. Kemudian buka Command Prompt dengan hak akses administratif. Pada prompt ketik perintah berikut:

reg add "HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System" /t Reg_dword /v DisableRegistryTools /f /d 0

Perintah ini akan mengubah nilai DisableRegistryTools dari 1 kembali ke 0.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.