Cara Menjalankan Command Prompt Commands dari Windows Shortcut

Tahukah kamu bahwa kamu bisa menggunakan shortcut untuk menjalankan commands dari Command Prompt? Berikut adalah cara untuk melakukannya:

1. Buat shortcut dengan mengklik kanan di mana saja di File Explorer atau desktop kamu dan pilih New> Shortcut.

559x247xcps_1

2. Pada window “create shortcut”, ketik command kamu menggunakan sintaks berikut:

"C:\Windows\System32\cmd.exe" /k yourcommand

Bagian pertama (bagian dalam tanda kutip) memanggil cmd.exe untuk membuka Command Prompt. “/ k” memberitahu Command Prompt untuk mengeluarkan perintah untuk diikuti, dan kemudian tetap terbuka sehingga kamu bisa melihat hasilnya atau mengetik command berikutnya. Kamu juga bisa menggunakan “/ c” jika kamu mau jendela Command Prompt untuk menutup setelah mengeluarkan perintah. Dan tentu saja, bagian “yourcommand” adalah perintah yang mau kamu jalankan.

Misalnya, jika kamu mau  menciptakan perintah sederhana untuk menjalankan system file checker untuk menemukan dan memperbaiki masalah dengan file sistem, maka kamu akan mengetik command berikut ini:

"C:\Windows\System32\cmd.exe" /k sfc /scannow

614x454xcps_2

3. Setelah kamu selesai membuat command, klik “Next.”

4. Ketik nama untuk shortcut dan kemudian klik “Finish.”

614x454xcps_3

Sekarang, kamu tinggal menjalankan shortcut dan tidak perlu lagi membuka Command Prompt dan mengetikkan perintah secara manual setiap kali.

Hal lain yang shortcut bisa lakukan adalah menyimpan hasil perintah ke file teks (atau program lainnya). Misalnya, kamu ingin menjalankan perintah “ipconfig / all”, dan ingin hasilnya disimpan ke dalam sebuah file bernama ipconfig.txt pada desktop kamu, dan setelah intu menutup command prompt. Maka kamu bisa menggunakan command berikut:

"C:\Windows\System32\cmd.exe" /c ipconfig /all  > "c:\users\username\Desktop\ipconfig.txt"

650x367xcps_4-650x367

Dan selesai!

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.