Cara Mengubah Prioritas Wireless Networks di Windows 8 atau 10

Windows secara otomatis menghubungkan kamu ke Wireless Networks yang sudah pernah terhubung ke sebelumnya. Jika kamu sedang berada di lokasi yang ada beberapa wireless yang sudah pernah terhubung sebelumnya, Windows menggunakan sistem prioritas untuk memilih jaringan Wi-Fi.

Cara Melihat Prioritas Wireless Networks Kamu

Windows 10 menunjukkan prioritas dari Wireless Networks kamu di Settings. Untuk melihat daftar, Masuk ke Settings>Network & Internet > Wi-Fi > Manage Known Networks.

Daftar ini menunjukkan jaringan wireless yang disimpan dalam urutan mereka diprioritaskan. Windows akan terhubung ke jaringan wireless dari bagian pertama, jika tersedia, dan kemudian turun ke bawah daftar. Untuk mengubah susunan daftar, kamu harus menggunakan command prompt.

2016-12-19-17_16_49-new-notification

Jika kamu tidak ingin Windows untuk menghubungkan kamu ke jaringan wireless tertentu kedepannya, kamu bisa klik di sini dan pilih “Forget”. Windows tidak akan secara otomatis menghubungkan kamu ke jaringan tersebut kecuali jika kamu memilih untuk connect ke.

2016-12-19-17_17_38-settings

Cara Mengubah Prioritas Jaringan Wireless Anda

Untuk mengubah prioritas secara manual, kamu harus menggunakanCommand Prompt Administrator. Untuk membukanya, klik kanan tombol Start dan pilih “Command Prompt (Admin)”.

2016-12-19-17_18_22

Jalankan perintah berikut untuk melihat daftar jaringan Wifi yang tersimpan dalam urutan prioritas mereka. Ini akan menampilkan daftar yang sama yang kamu lihat di Settings:

netsh wlan show profiles

Kamu harus mengingat dua hal di sini: Nama interface dan nama jaringan wireless yang mau kamu prioritaskan.

Misalnya, nama interface di sini adalah “Wireless Network Connection” dan jaringan yang dipilih untuk diprioritaskan adalah “Rumah tjandra”.

2016-12-19-17_20_48-how-to-change-the-priority-of-wireless-networks-in-windows-8-or-10

Untuk memprioritaskan jaringan wireless, jalankan perintah berikut, ganti “wifi-name”” dengan nama jaringan Wi-Fi, “interface-name” dengan nama interface Wi-Fi, dan “#” dengan nomor prioritas yang mau kamu tempatkan pada jaringan Wi-Fi.

netsh wlan set profileorder name="wifi-name" interface="interface-name" priority=#

Misalnya, untuk mengambil jaringan Remora pada interface Wi-Fi dan membuat prioritas nomor satu dalam daftar, kita akan jalankan perintah berikut:

netsh wlan set profileorder name="rumah tjandra" interface="Wireless Network Connection" priority=1

2016-12-19-17_23_53-edit-post-kompiku-info-wordpress

Kamu juga bisa menjalankan perintah netsh wlan show profiles lagi dan kamu akan melihat jaringan yang kamu pilih untuk diprioritaskan muncul pertama dalam daftar. Urutan di Settings juga akan berubah.

2016-12-19-17_24_48-administrator_-command-prompt

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.