Cara Mengubah Icon Untuk Jenis File Tertentu pada Windows

Pada Windows XP, mengubah ikon untuk jenis file tertentu seperti TXT atau PNG cukup mudah. Tapi setelah Windows 7 dan selanjutnya, kamu perlu melakukan beberapa hacking Registry untuk melakukannya. Namun bagi kamu yang tidak mau mengedit Registry, ada cara simpel untuk melakukannya, yaitu dengan mendownload File Types Manager.

File Types Manager adalah utility kecil dari NirSoft yang berisi daftar semua jenis file dan ekstensi digunakan pada PC kamu dan membantu kamu untuk mengedit properties setiap jenis, termasuk icon file terkait. Utility ini bekerja pada Windows 7, 8, dan 10, dan interface untuk mengubah ikon pada jenis file tertentu cukup mudah sehingga kamu bisa melakukannya dalam sekelompok sekaligus jika perlu.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah download File Types Manager. Perhatikan kamu memerlukan versi 32 atau 64-bit.

Setelah download selesai, unzip folder. Ini adalah aplikasi portabel, sehingga kamu tidak perlu menginstalnya. Cukup double click”FileTypesMan.exe” untuk memulai.

2017-01-24 13_06_32-How to Change the Icon for a Certain File Type in Windows

Klik “Default Icon” untuk menyortir daftar Icon Default. Ini akan mengumpulkan semua ekstensi file yang memiliki ikon yang sama. Ini sangat praktis jika kamu ingin mengubah beberapa jenis file terkait yang menggunakan ikon yang sama. Jika kamu hanya berniat untuk mengubah satu jenis file, kamu bisa mengurutkan berdasarkan extension atau langsung mengetik nama file sebagai gantinya.

2017-01-24 13_08_03-FileTypesMan

Gunakan fungsi find untuk menemukan jenis file yang kamu mau. Klik tombol “Find” pada toolbar (atau tekan Ctrl + F). Dalam window “Find” , ketik extension untuk jenis file yang ingin kamu ubah dan kemudian klik tombol “Find Next” berulang kali sampai kamu menemukan extension yang kamu harapkan. Kamu bisa klik “Cancel” untuk menutup window “Find” .

2017-01-24 13_16_51-FileTypesMan

Klik kanan extension yang mau kamu ubah ikonnya dan kemudian pilih “Edit Selected File Type.”

2017-01-24 13_18_37-How to Change the Icon for a Certain File Type in Windows

Pada window “Edit File Type”, klik tombol “…” di sebelah kanan kolom teks Default Icon.

2017-01-24 13_20_01-Edit File Type

Window “Change Icon” akan menunjukkan beberapa icon dasar, klik tombol “Browse” untuk mencari file icon kamu sendiri. Pada File Types Manager, kamu bisa memilih file EXE, DLL, atau ICO.

292x352xfte_6

Pilih ikon yang kamu inginkan dari daftar dan kemudian klik “OK.”

292x352xfte_7

Jika kamu perlu mengubah ikon untuk lebih dari satu jenis file, kamu perlu mengulangi langkah-langkah yang diatas. Dan setelah kamu sudah selesai, kamu bisa menutup File Type Manager dan membuka Window File Explorer untuk memeriksa perubahan ini.

650x407xfte_8-650x407

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.