Cara Mengubah Default File Format di LibreOffice

Secara default, LibreOffice save file dalam Open Document Format (ODF). Namun, LibreOffice juga bisa membaca dan menulis file dalam Microsoft Office format (DOC dan DOCX). Jika kamu berkolaborasi dengan orang lain pada dokumen Microsoft Office, tetapi kamu menggunakan LibreOffice, kamu bisa memilih untuk selalu save file menjadi file Microsoft Office.

Sebenarnya ada banyak format lain yang bisa kamu pilih dari format file default. Berikut adalah cara mengubah format file default untuk save file baru dengan mengubah setting sederhana:

1. Buka program LibreOffice (Writer, Calc, or Impress) dan masuk ke Tools> Options.

650x599x01_selecting_tools_options

2. Pada sisi kiri kotak dialog Options, klik tanda plus di sebelah kiri “Load / Save”.

650x556x02_opening_load_save_section

3. Kemudian, klik “General” di bawah Load / Save.

650x556x03_selecting_general

4. Untuk mengubah format file default untuk LibreOffice Writer, pastikan “Text document” dipilih dalam jenis Dokumen daftar drop-down.

650x556x04_selecting_text_document

5. Pilih format file dari daftar drop-down “Always save as”  yang kamu ingin gunakan sebagai default untuk save file baru dalam LibreOffice. Misalnya, jika kamu ingin selalu save dokumen baru dalam format Microsoft Word, pilih “Microsoft Word 2007-2013 XML”.

650x556x05_selecting_word_xml_format

Note: kamu juga bisa mengatur format file default untuk Calc spreadsheets dan Impress presentations dengan memilih Spreadsheet atau Presentation sebagai jenis dokumen, dan kemudian pilih format file yang diinginkan dari daftar drop-down “Always save as”  pada dialog Options di Writer, Calc , atau Impress.

6. Klik “OK” untuk mengganti perubahan dan menutup kotak dialog Options.

650x556x06_clicking_ok

Sekarang, jika kamu save dokumen baru, format file yang kamu pilih akan secara otomatis terpilih pada kotak dialog Save As.

650x473x07_default_file_format_changed

NOTE: File akan terbuka di Microsoft Office, tetapi akan terbuka di Compatibility Mode. Kamu masih dapat mengedit file dan menyimpannya dalam format Office, tapi mungkin ada beberapa fitur yang tidak bisa menggunakan.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.