Cara Mengubah Default Control Panel View pada Windows

Secara default, default Control Panel Windows akan membuka ke tampilan terakhir yang digunakan, bisa jadi Category, Large Icons, atau Small Icons. Jika kamu tidak suka, kamu bisa membuat control panel selalu terbuka menjadi view tertentu menggunakan Registry.

Set Default Control Panel View dengan Mengedit Registry

1. Untuk memulai, buka Registry Editor dengan menekan Start dan mengetik “regedit.” Tekan Enter untuk membuka Registry Editor dan berikan izin untuk melakukan perubahan ke PC kamu.

390x622xdse_1

2. Dalam Registry Editor, gunakan sidebar kiri untuk menavigasi ke path berikut:

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\

650x334xcpv_2-650x334

3. Selanjutnya, buat key baru dalam key Explorer. Klik kanan tombol Explorer dan pilih New> DWORD (32-bit). Namai key baru “ForceClassicControlPanel.”

650x334xcpv_3-650x334

4. Ada tiga cara yang dapat digunakan untuk mengontrol default Control Panel View:

  • Jika nilai ForceClassicControlPanel tidak ada sama sekali, Control Panel akan mengikuti default Windows reguler untuk membuka ke tampilan terakhir yang digunakan.
  • Jika nilai ForceClassicControlPanel diatur ke 0, Control Panel akan selalu terbuka menjadi tampilan Category.
  • Jika nilai ForceClassicControlPanel diatur ke 1, Control Panel akan selalu terbuka menjadi tampilan Icon. Ini akan menampilkan ikon besar atau kecil tergantung bagaimana terakhir kali kamu menggunakannya.

Klik dua kali nilai ForceClassicControlPanel untuk membuka jendela propertinya. Ubah nilai dalam kotak “Value data” ke 0 atau 1, tergantung pada preferensi kamu, dan kemudian klik “OK.”

331x199xcpv_4

5. Kamu bisa menutup Registry Editor sekarang. Perubahan akan segera terjadi, jadi masuklah ke window  Control Panel dan lihat apakah perubahan tersebut sesuai yang kamu inginkan. Dan jika kamu ingin kembali ke default Windows dimana Control Panel terbuka untuk tampilan yang terakhir digunakan, maka kembali ke Registry Editor dan hapus nilai ForceClassicControlPanel.

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.