Cara Menghindari Snooping dari Wi-Fi Hotel Atau Jaringan Umum Lainnya

jaringan Wi-FI Hotel kebanyakan akan terbuka, hanya membutuhkan nomor kamar, kode, atau click-through untuk mengakses Internet. Kurangnya enkripsi berarti penggunaan Internet kamu rentan terhadap hacker melalui network sharing.

Jaringan Wi-Fi yang digunakan di sebagian besar hotel bersifat tidak private. Proses login hanya membatasi akses hotel ke Internet. Tidak membatasi aktivitas internet kamu private.

Open Wi-Fi Networks Memungkinkan Siapapun untuk Snoop

Open Wi-Fi networks- yaitu jaringan Wi-Fi yang bisa diconnect oleh siapapun tanpa memasukkan passphase, sangat terbuka untuk snooping. Karena jaringan ini tidak dijamin dengan enkripsi, semua data yang dikirim akan terkirim dalam bentuk  “plain text”. Siapapun yang berada di dekat kamu bisa snoop pada traffic. Kecuali, kamu erhubung ke website aman seperti HTTPS yang dienkripsi.

Portal Captive Hanya Batasi Akses ke Internet

Jika kamu terhubung ke open Wi-Fi networks dan kemudian melihat halaman dengan informasi tentang hotel dan harus memasukkan nomor kamar atau sandi lain untuk connect, kamu mungkin berpikir bahwa ini adalah jaringan yang aman.

login

Namun sebenarnya “captive portal” hanya mencegah kamu untuk mengakses Internet sampai kamu mengotentikasi sendiri. Hal ini memungkinkan hotel untuk membatasi jumlah perangkat yang dapat mengakses Internet.

Setelah Anda mengotentikasi, kamu masih menggunakan open Wi-Fi network. Router memungkinkan kamu untuk mengakses Internet, tetapi tidak benar-benar mengenkripsi jaringan. Ini berarti traffic kamu tetatp bosa diintai.

Bagaimana Mengenal Saat Kamu Rentan Dengan Snooping 

Jika kamu harus memasukkan password dalam sistem operasi, maka artinya kamu aman. Misalnya, jika kamu login ke jaringan Wi-Fi dengan mengklik di Windows dan kamu harus memasukkan password sebelum connect, ini artinya jaringan tersebut dienkripsi. Lihatlah security information saat connect. Jika itu adalah secure network artinya kamu aman, namun jika itu adalah open Wi-Fi networks artinya kamu rentan dengan snooping.

Jika kamu login ke open Wi-Fi networks tanpa password, dan kemudian web browser kamu muncul dengan halaman yang mengharuskan kamu untuk memasukkan lebih banyak informasi untuk mengakses Internet, artinya kamu menggunakan open Wi-Fi network yang tidak aman.

Sebagai contoh, biasanya Windows akan memperingatkan kamu tentang open Wi-Fi network dengan menampilkan ikon caution diatas simbol Wi-Fi dan pernyataan “Other people might be able to see info you send over this network”.

ximg_557697c5222ad

Cara Melindungi Diri Dari Snooping

Snooping adalah bahaya utama dari open Wi-Fi network, terutama di hotel atau tempat umum lainnya di mana banyak orang lain berada di sekitar kamu dengan jaringan yang sama. Semua traffic internet kamu,bisa dilihat oleh orang-orang yang didekat kamu dengan memantau data perjalanan over the air.

Sebagai contoh, katakanlah kamu sedang browsing Wikipedia. Orang lain bisa melihat artikel yang sedang kamu browsing. Sebagian besar situs yang kamu kunjungi yang tidak menggunakan HTTPS, artinya orang dapat memantau halaman web yang kamu kunjungi dan apa yang kamu ketik ke dalam situs tersebut. Untungnya, situs yang paling penting dengan data sensitif harus menggunakan HTTPS.

Untuk melindungi diri dari snooping, dapatkan VPN dan sambungkan ketika browsing di open Wi-Fi network. Jika kamu membutuhkan simple VPN untuk public Wi-Fi browsing, cobalah SurfEasy atau TunnelBear. Keduanya menawarkan artarmuka yang sederhana. SurfEasy memiliki kecepatan yang lebih baik, tetapi TunnelBear memiliki pilihan bebas. Jika kamu ingin pilihan yang lebih advanced, StrongVPN bisa kamu pilih.

VPN berfungsi sebagai terowongan dienkripsi, semua traffic internet kamu akan didorong melalui terowongan VPN saat kamu terhubung. Jadi, jika kamu terhubung ke wikipedia melalui VPN, server VPN terhubung ke wikipedia untuk kamu, dan wikipedia berkomunikasi dengan server VPN. Komputer kamu dan server VPN berkomunikasi melalui terowongan yang sepenuhnya dienkripsi. Ini berarti tidak ada seorang pun di hotel dapat melihat kamu mengakses wikipedia. Dengan koneksi internet di hotel, siapa pun yang sedang snooping pada Wi-Fi yang sama hanya dapat melihat koneksi terenkripsi antara komputer, smartphone, atau tablet dan server VPN tunggal.

Jadi, hubungkan  ke VPN setiap kali kamu harus menggunakan Internet dari jaringan tidak aman.

650x308xpasted_image_at_2016_08_02_08_38_pm

Kamu juga bisa menggunakan fitur hotspot Wi-Fi di smartphone kamu untuk tether laptop ke smartphone kamu, melewati setiapopen Wi-Fi network dan menciptakan jaringan Wi-Fi yang terenkripsi. Data akan dikirim melalui koneksi data seluler smartphone Anda, yang dimana jauh lebih aman terhadap snooping.

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.