Cara Menghentikan Notifikasi Yang Muncul Pada Website

Semua web browser sekarang mengizinkan websites untuk menampilkan notifikasi. Cobalah untuk masuk ke website new atau ecommerce, dan kamu bakal melihat pop up yang meminta izin agar website tersebut bisa menampilkan notifikasi di desktop kamu. Kamu bisa menonaktifkan prompt notifikasi ini di browser web kamu jika kamu tidak menyukainya.

Google Chrome

Untuk menonaktifkan fitur ini di Chrome, klik tombol menu dan pilih “Settings”.

Klik link “Show Advanced Settings” di bagian bawah halaman Settings dan kemudian klik tombol “Content Settings” di bawah Privacy.

ximg_5877f4e5468dd

Scroll ke bawah untuk kategori Notification dan pilih ““Do not allow any site to show notifications”.

Setelah kamu memilih pengaturan ini, websites yang pernah kamu izinkan untuk menampilkan notifikasi akan tetap bisa menampilkan notifikasi. Klik “Manage Exceptions” untuk melihat daftar websites yang kamu izinkan untuk menampilkan notifikasi dan kamu bisa menghapusnya dari daftar disini.

Jika kamu mau memberikan izin untuk beberapa websites agar tetap menampilkan notifikasi, maka klik “Manage Exceptions” dan berikan izin untuk websites yang kamu mau.

ximg_5877f5078c1db

Mozila Firefox

Firefox tidak memiliki Settings untuk menonaktifkan semua notifikasi web di Options. Kamu harus mengubah pengaturan ini dari about:config page.

Untuk mengaksesnya, ketik about:config ke address bar Firefox dan tekan Enter. Kamu akan melihat suatu peringatan. Klik “I accept the risk” jika kamu ingin melanjutkan.

ximg_5877f4754186a

Ketik “notifications” ke dalam kotak pencarian. Double klik opsi “dom.webnotifications.enabled ” yang muncul. Ini akan mengubah setting menjadi “false”, yang berarti notifikasi web akan dinonaktifkan di Firefox.

Perubahan ini akan menonaktifkan semua notifikasi web, sehingga kamu tidak bisa memilih untuk menerima notifikasi dari satu atau dua website saja.

ximg_5877f4622c360

Microsoft Edge

Microsoft tidak menyediakan cara untuk menonaktifkan notifikasi di website.

Yang bisa kamu lakukan adalah klik “No” ketika kamu ditanya apakah kamu ingin melihat notifikasi pada website tersebut. Edge akan mengingat preferensi kamu untuk website tersebut.

Apple Safari

Safari memungkinkan kamu untuk menonaktifkan notifikasi pada websites. Untuk mengedit opsi ini, klik Safari> Preferences.

ximg_5878124f34448

Pilih tab “Notifications” dan, di bagian bawah, hapus centang pada kotak “Allow websites to ask for permission to send push notifications”.

Website yang sudah pernah diberi izin untuk mengirim notifikasi akan tetap mengirim notifikasi setelah kamu menghapus centang pada opsi ini. Kamu bisa melihat dan mengedit daftar website dari sini.

ximg_587812940e38b

Jika kamu berubah pikiran, kamu bisa masuk kembali ke settings web browser dan mengaktifkan kembali notifikasi web setiap saat.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.