Cara Menghapus Programs dari Menu “Open With” pada Windows

Jika menu right-click “Open With” kamu semakin penuh dan berantakan, mengapa tidak menyingkirkan entri yang tidak digunakan? Dengan sedikit perubahan Registry, ini cukup mudah dilakukan.

Menu “Open With” adalah fitur yang berguna agar kamu bisa membuka file dengan beberapa pilihan program. Setiap kali kamu membuka file dengan program tertentu, program tersebut akan ditambahkan ke menu konteks “Open With” untuk jenis file tersebut. Jika kamu pernah tidak sengaja membuka file dengan program yang salah atau dengan program yang tidak kamu gunakan lagi, kamu bisa menyingkirkannya dari menu kontekc “Open with”.

Sebelum memulai, perlu diketahui bahwa bebrapa program built-in Microsoft tidak dapat dihapus dengan cara ini. Misalnya pada jenis file image PNG, Microsoft Paint dan Photos akan selalu ada pada menu “Open With”. Bahkan jika kamu menghapus entri-entri dengan prosedur dibawah ini, program akan tetap pada men “Open With”. Prosedur ini hanya bekerja pada third-party program.

1. Buka Registry Editor dengan menekan Start dan mengetik “regedit.” Tekan Enter untuk membuka Registry Editor dan berikan izin untuk membuat perubahan pada PC kamu.

391x568xowm_1

2. Dalam Registry Editor, gunakan sidebar kiri untuk menavigasi ke path berikut:

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\

650x317xowm_2-650x317

3. Di dalam key “FileExts”, kamu akan melihat daftar semua ekstensi file terdaftar pada PC kamu. Ini mungkin menjadi daftar yang cukup panjang. Cari key dengan nama ekstensi file untuk jenis file yang mau kamu ubah. Dibawah key tersebut, klik subkey “OpenWithList”.

650x317xowm_3a-650x317

4. Di sisi kanan Registry Editor, kamu akan melihat daftar nilai nama dengan alfabet. Kolum “Data” pada setiap key menunjukkan program yang muncul pada menu “Open With”. Cukup klik kanan pada program yang mau kamu hapus kemudian pilih opsi “Delete”. Jika kamu tidak sengaja menghapus entri program, kamu tetap bisa mengembalikannya hanya dengan membuka file dengan program tersebut lagi.

2016-11-12-01_05_11-registry-editor

5. Ketika Registry Editor bertanya apakah kamu yakin ingin menghapus ini, klik “Yes.”

558x133xowm_5

6. Ulangi langkah-langkah ini untuk program lain yang mau kamu hapus dari menu “Open With” untuk setiap jenis file. Setelah selesai, kamu boleh tutup Registry Editor dan tidak perlu me-restart komputer. Cobalah memeriksa menu “Open With” dan kamu akan melihat bahwa program yang telah kamu hapus tidak akan muncul lagi.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.