Cara Menghapus History Search pada Cortana di Windows 10

Cortana bisa berguna, tetapi jika kamu tidak ingin history searc pada Cortana disimpan, kamu bisa menghapus informasi yang disimpan Cortana. Berikut adalah cara untuk menghapus History Search Cortana pada PC kamu dan di akun Bing kamu.

 Menghapus History Search Cortana pada PC

Untuk menghapus history seacrh Cortana pada PC kamu, buka menu Start dan klik ikon  “Setting”.

650x413x01_clicking_settings_on_start_menu

Pada kotak dialog Windows Settings, klik “Privacy

650x598x02_clicking_privacy

Dalam daftar pilihan di sebelah kiri, klik “Speech, inking, & typing”.

650x569x03_clicking_speech_inking_and_typing

Di bawah Getting to know you, klik “Stop getting to know me”.

650x486x04_clicking_stop_getting_to_know_me

Sebuah kotak dialog muncul akan muncul, pastikan kamu ingin Cortana berhenti menyimpan informasi pribadi kamu. Klik “Turn off”.

650x489x05_clicking_turn_off

Metode ini tidak hanya membersihkan history search Cortana, ini juga akan menghentikan Cortana dari mengumpulkan informasi lebih lanjut tentang kamu. Tidak ada pengaturan terpisah untuk menghapus history search. Jadi, jika kamu hanya ingin menghapus history search, tetapi ingin Cortana untuk terus menyimpan informasi tentang kamu, klik “Get to know me” untuk mengubah history search kembali. Akan muncul kotak dialog dengan tombol “Turn on”. Klik tombol tersebut untuk mengaktifkan kembali history search Cortana.

650x487x06_clicking_get_to_know_me

Kamu boleh menutup Settings sekarang, dengan mengklik tombol “X” di sudut kanan atas. Namun, jika kamu ingin menghapus informasi pribadi Bing yang telah disimpan secara online, lanjutkan ke bagian berikutnya.

650x486x07_closing_settings

Menghapus Data Cortana yang Disimpan di Akun Bing Kamu 

Data yang dikumpulkan oleh Cortana pada komputer kamu telah dihapus, dan tidak ada informasi lebih lanjut akan dikumpulkan. Namun, data yang sudah dikumpulkan juga disimpan dalam akun Bing kamu. Untuk menghapus data yang tersimpan di akun Bing kamu, klik link “Go to Bing and manage personal info for all your devices”  di bawah Manage cloud info on the Speech, inking, & typing pada layar settings Speech, inking, & typing .

650x497x08_clicking_go_to_bing_link

Jika kamu memiliki beberapa browser yang diinstal pada PC, kotak dialog berikutnya akan menampilkan pertanyaan aplikasi mana yang ingin kamu gunakan untuk membuka link ini. Pilih browser yang ingin kamu gunakan dan klik “OK”.

392x522x08a_how_do_you_want_to_open_this

Karena kamu harus login ke akun Microsoft kamu untuk menggunakan Cortana (bahkan dengan account Windows lokal), secara otomatis kamu akan dibawa ke halaman account personalization Bing. Scroll ke bawah ke bagian “Other Cortana Data and Personalized Speech, Inking and Typing ” dan klik “Clear”.

NOTE: Jika halaman Personalisasi tidak muncul secara otomatis, kamu akan melihat layar untuk sign in ke akun Microsoft kamu. Klik ““Sign in” dan kemudian masukkan email dan password Microsoft kamu.

Akan muncul sebuah kotak dialog seperti dibawah ini. Klik “Clear” untuk melanjutkan.

598x303x11_clicking_clear_again

Sebuah pesan akan ditampilakan pada bagian “Other Cortana Data and Personalized Speech, Inking and Typing” yang menunjukkan bahwa data kamu telah dibersihkan.

650x506x12_your_recommandations_are_now_cleared

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.