Cara Menggunakan Keyboard untuk Mengontrol Kursor Mouse pada Windows

Jika kamu terjebak pada situasi tanpa mouse, jangan khawatir! Kamu masih tetap bisa menggunakan PC kamu. Kamu masih bisa memindahkan kursor pada Windows hanya menggunakan keyboard.

Ada sebuah fitur di Windows yang bernama Mouse Keys, yang memungkinkan user hanya menggunakan keypad nomor untuk menggerakan kusor mouse, click dan double-click , dan bahkan drag dan drop. Berikut kami akan menunjukkan cara untuk mengaktifkan dan mengkonfigurasi mouse Keys sehingga kamu bisa menggunakan keypad nomor sebagai mouse.

Note: Untuk menggunakan mouse Keys, kamu harus memiliki keypad nomor pada keyboard dan kamu harus menonaktifkan trackpad atau mouse eksternal, jika ada yang masih terpasang.

Kamu bisa mengaktifkan fitur Mouse Keys pada Windows 10 menggunakan Settings PC. Namun, ada banyak pilihan untuk Mouse Keys di Control Panel, jadi kamu bisa mengkonfigurasi dari Control Panel. Berikut caranya:

1. Tekan tombol start dan cari “ease of access”. Klik pada “Ease of Access Center”. Jika kamu menggunakan Windows 8 atau 10, jangan pilih “Ease of Access mouse settings”, karena ini akan membuka layar Ease of Access dari Settings dengan pilihan konfigurasi yang jauh lebih sedikit.

2016-11-25-17_55_11-start

2. Kemudian klik “Make the mouse easier to use” di bawah Explore all settings.

650x505x02_clicking_make_the_mouse_easier_to_use

3. Jika kamu hanya ingin mengaktifkan Mouse Keys dengan pengaturan default, kamu bisa mencentang kotak “Turn on Mouse Keys” di bawah Control the Mouse with the Keyboard. Namun, untuk menampilkan pengaturan untuk mouse Keys, klik “Set up Mouse Keys”.

650x593x03_clicking_set_up_mouse_keys

4. Pada layar set up Mouse Keys, centang kotak “Turn on Mouse Keys” kotak untuk mengaktifkan fitur tersebut.

650x402x04_turning_on_mouse_keys

5. Jika kamu mau mengaktifkan Mouse Keys dengan menggunakan shortcut, centang kotak “Turn on Mouse Keys with left ALT + left SHIFT + NUM LOCK”. Jika kamu ingin ada pesan peringatan yang muncul ketika kamu menggunakan shortcut untuk mengaktifkan Mouse Keys, centang kotak “Display a warning message when turning a setting on”. Kamu juga bisa mencentang kotak “Make a sound when turning a setting on or off”.

650x404x05_setting_the_keyboard_shortcut

6. Jika kamu menyalakan shortcut keyboard, dan memilih untuk menampilkan peringatan, kamu akan melihat kotak dialog berikut ketika kamu menggunakan shortcut. Klik “Yes” untuk mengaktifkan Mouse Keys”. Untuk menggunakan shortcut untuk mengubah Mouse Keys menjadi Off, kamu harus menekan tombol shortcut dua atau tiga kali. Cukup terus menekan shortcut keyboard sampai kamu melihat kotak dialog Mouse Keys.

502x208x05a_mouse_keys_confirmation_dialog_for_shortcut

7. Jika kamu tidak mau shortcut keyboard diaktifkan lagi, klik link “Go to the Ease of Access Center to disable the keyboard shortcut”. Kotak dialog ini akan menutup dan screen Set up Mouse Keys di Ease of Access Center dalam Control Panel akan muncul, sehingga kamu bisa mematikan shortcutkeyboard.

Bagian Pointer speed memungkinkan kamu untuk menyesuaikan kecepatan mana pointer mouse di layar. Gunakan slider untuk mengatur Top speed di mana pointer bisa bergerak dan Acceleration pointer mouse. Apabila kamu ingin menggunakan Ctrl dan Shift untuk mempercepat dan memperlambat pointer mouse, centang kotak “Hold down CTRL to speed up and SHIFT to slow down”.

650x593x06_setting_pointer_speed

8. Ketika Num Lock aktif, kamu bisa menggunakan keypad nomor untuk mengetik angka. Jika kmau tidak menggunakan keypad nomor untuk mengetik angka, kamu bisa memilih untuk menggunakan Mouse Keys saat Num Lock aktif. Untuk melakukan ini, pilih “On” di bawah “Use Mouse Keys when NUM LOCK is” di bagian Other settings. Perhatikan jika kamu mengaktifkan setting ini, kamu tidak bisa mengetik nomor menggunakan keypad nomor. Namun, settings ini memberikan cara lain untuk mengaktifkan dan mematikan Mouse Keys. Dengan pengaturan ini, Mouse Keys hanya akan berjalan ketika Num Lock aktif.

650x593x07_other_settings

Jika kamu mau mendapatkan pemberitahuan ketika mouse Keys aktif, centang kotak “Display the Mouse Keys icon on the taskbar”.

9. Setelah kamu selesai mengatur Mouse Keys sesuai dengan keinginan kamu, klik “OK”.

650x396x08_clicking_ok

10. Kemudian, klik “X” di sudut kanan atas window Control Panel untuk menutupnya.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.