Cara Menggabungkan Teks dari Beberapa Cell menjadi Satu Cell di Excel

Jika kamu ingin  menggabungkan teks dari beberapa cell di excel, kamu bisa menggunakan satu function untuk melakukannya. Ada function CONCATENATE khusus di Excel untuk melakukan hal ini. Fungsi ini memungkinkan kamu untuk menggabungkan teks dari cell yang berbeda menjadi satu cell. Misalnya, kamu memiliki worksheet berisi nama dan informasi kontak. Kamu ingin menggabungkan Nama terakhir dan Nama Pertama kolom di setiap baris dalam kolom Nama Lengkap. Berikut caranya:

1. Untuk memulai, pilih cell baru yang mau kamu gunakan untuk berisi kata yang telah digabungkan. Mulailah mengetik function ke dalam cell, dimulai dengan tanda sama dengan, seperti ini:

=CONCATENATE(

650x452x01_entering_concatenate_function

2. Sekarang, masukkan kolum yang mau kamu gabungkan. misalnya kolum B dengan Nama Pertama dan kolum A dengan Nama terakhir. Jadi, yang perlu kamu masukkan adalah B2 dan A2.

Ada dua cara kamu bisa memasukkanya. Pertama, kamu bisa mengetik referensi sel, dipisahkan dengan koma, setelah kurung buka dan kemudian menambahkan kurung tutup di akhir:

=CONCATENATE(B2,A2)

650x483x02_adding_cells

Kamu juga bisa mengklik cell untuk memasukannya ke dalam function CONCATENATE. Dalam contoh, setelah mengetik nama fungsi dan kurung buka, klik pada cell  B2, ketik koma, kemudian klik pada cell A2, dan kemudian ketik kurung tutup.

Tekan Enter saat selesai menambahkan referensi cell ke function.

650x485x03_no_space_in_name

3. Perhatikan bahwa tidak ada space diantara nama pertama dan terakhir. Ini karena fungsi CONCATENATE menggabungkan persis apa yang ada di cell tersebut. Jika kamu ingin menambahkan spasi, ketik space yang dikelilingi oleh tanda kutip ganda. Pastikan dipisahkan dengan koma. Kemudian tekan Enter.

=CONCATENATE(B2," ",A2)

 

650x481x04_adding_space

4. Kemudian pilih cell dengn function CONCATENATE tersebut, dan pindahkan kursor ke bagian kotak kecil di sudut kanan bawah sampai berubah menjadi tanda plus hitam dan kemudian klik dan tarik ke bawah.

650x483x07_double_clicking_fill_handle

 

Function tersebut akan di-copy ke cell-cell seterusnya, dan referensi cell berubah sesuai dengan nomor baris untuk setiap baris.

650x483x08_column_filled

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.