Cara Mencegah Windows Memperbarui Driver Tertentu Secara Otomatis

Windows 10 memiliki satu keburukan yaitu otomatis menginstal update baru untuk driver hardware tidak peduli apakah kamu mau atau tidak. Kamu memang bisa mencegah Windows dari otomatis meng-update semua driver. Namun untuk mencegah update driver tertentu, kamu harus menggunakan Group Policy Editor.

Dengan setting Policy untuk menonaktifkan update akan mencegah baik update driver secara otomatis atau secara manual. Jadi, jika kamu mau memperbarui driver, kamu harus menonaktifkan Policy untuk mengkonfigurasi terlebih dahulu, kemudian update driver, dan kemudian setting policy lagi.

Ada dua langkah untuk proses ini. Pertama, gunakan Device Manager untuk mencari ID hardware, dan kemudian gunakan Group Policy Editor untuk memblokir instalasi atau update perangkat yang cocok dengan ID hardware tersebut.

Langkah Pertama: Cari ID Hardware untuk Perangkat di Device Manager

1. Ketik “device manager” di menu search kemudian tekan Enter atau klik “Device Manager”.

2016-08-04 19_51_37-Photos

2. Di Device Manager, cari driver yang mau kamu blokir untuk auto-updatenya. Klik kanan dan pilih “Properties”.

2016-08-04 19_53_04-Photos

3. Pada window properti, klik tab “Details”.

4. Dari menu drop-down “Property”, pilih “Hardware Ids” untuk menampilkan ID yang terkait.

2016-08-04 19_54_54-Photos

Sekarang, klik dan select semua ID, dan tekan Ctrl + C untuk copy. Buka Notepad (atau apa pun untuk menyimpan teks) dan tekan Ctrl + V untuk paste.

 

Langkah Kedua: Mencegah Instalasi dan Updating dari Device di Group Policy Editor

1. Masuk dengan account admin dan buka Group Policy Editor dengan ketik “gpedit.msc” di menu search, dan kemudian tekan Enter.

2016-08-04 19_56_19-Cortana

2. Di window panel sebelah kiri Group Policy, telusuri ke Computer Configuration > Administrative Templates > System > Device Installation > Device Installation Restrictions. Di sebelah kanan, cari item “Prevent installation of devices that match any of these devices IDs” dan double click.

2016-08-04 19_58_36-Photos

3. Pada window policy, pilih “Enable” kemudian klik tombol “show”.

2016-08-04 19_59_31-New notification

4. Kemudian tambahkan ID hardware yang kamu copy tadi. kamu harus copy dan paste ID satu per satu ke kolom “Value”. Setelah selesai klik OK. Jika kamu memblokir update untuk lebih dari satu driver, maka terus tambahkan semua ID hardware sampai selesai.

2016-08-04 20_01_28-Start

5. Kembali pada halaman policy, dan klik OK. Untuk menguji setting baru ini, cobalah menginstal update driver atau tunggu sampai Windows Update. Kamu akan melihat pesan kesalahan saat instalasi driver baru dicoba.

Windows Update mungkin men-download update driver baru untuk perangkat. Namun windows tidak akan dapat menginstal mereka, dan akan melaporkan kesalahan instalasi di Windows Update.

Jika kamu berubah pikiran, kamu bisa kembali ke Group Policy Editor dan menonaktifkan policy.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.