Cara Mencegah User Untuk Mengubah Background Desktop Pada Windows

Jika kamu ingin mencegah user lain untuk mengubah wallpaper desktop, ada cara yang cukup gampang.

Proses untuk mencegah perubahan background desktop membutuhkan dua langkah. Pertama, kamu harus menonaktifkan dari settings utama untuk mengubah background desktop. Ini untuk mencegah user menggunakan Interface settings bahwa untuk membuat perubahan. Kemudian, kamu juga perlu mencegah user lain dari mengubah background pilihan “Set as desktop background” saat mengklik kanan pada image. Berikut caranya:

Menonaktifkan Sinkronisasi Theme Settings

Jika kamu menggunakan Windows 8 atau 10 dan user yang bersangkutan terhubung dengan account Microsoft, kamu harus mengambil langkah tambahan untuk menonaktifkan sinkronisasi Theme settings. Jika kamu menggunakan user account lokal, kamu tidak perlu melakukan langkah ini.

Log in sebagai user yang mau kamu ubah. Tekan Windows + I untuk membuka Settings dan klik “Account.”

xpwc_20-650x491

Pada window Account, di sisi kiri, klik tab “Sync your settings” di sisi-sisi kanan, nonaktifkan pilihan “Theme”.

xpwc_21-650x450

kamu harus melakukan ini untuk setiap user account yang mau kamu nonaktifkan untuk merubah background desktop.

Mencegah User untuk Mengubah Background Desktop dengan Mengedit Registry

Disini ada cara yang berbeda jika kamu mau mencegah user tertentu dengan semua user. Jika kamu ingin mencegah user tertentu, kamu harus login sebagai user tersebut kemudian mengedit Registry saat login ke akun mereka. Jika kamu memiliki beberapa user yang mau diedit, maka kamu harus mengulangi proses untuk setiap user. Jika kamu ingin membuat perubahan untuk semua user sekaligus, termasuk account kamu sendiri, kamu bisa melanjutkan dengan tetap pada account kamu.

Setelah log in dengan account yang sesuai, buka Registry Editor dengan menekan Start dan mengetik “regedit.” Tekan Enter untuk membuka Registry Editor dan berikan izin untuk membuat perubahan pada PC kamu.

391x568xown_1

Pertama, kamu harus menonaktifkan dari settings utama. Dalam Registry Editor, gunakan sidebar kiri untuk menavigasi ke key berikut jika kamu ingin menonaktifkan Settings screen saver untuk user yang kamu pakai ligin saat ini:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies

xpwc_2

Jika kamu ingin menonaktifkan Settings screen saver untuk semua user sekaligus, arahkan ke key ini sebagai gantinya:

HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies

Jika kamu tidak melihat key bernama “ActiveDesktop” di bawah key Policies , kamu harus membuanya. Klik kanan pada key Policies dan pilih New> Key. Namakan key baru sebagai “ActiveDesktop.” Jika key ActiveDesktop sudah ada, maka melewatkan langkah ini.

xpwc_3-650x302

Berikutnya, kamu harus menciptakan key baru di dalam key ActiveDesktop. Klik kanan key ActiveDesktop dan pilih New> DWORD (32-bit). Namakan key baru sebagai “NoChangingWallPaper” dan kemudian double click untuk membuka windowpropertinya.

xpwc_4-650x302

Pada window property, ubah nilai dari 0 ke 1 dalam kotak “Value data” dan kemudian klik “OK.”

xpwc_5

Perubahan ini akan langsung terjadi, jadi jika kamu mencoba buka Settings> Personalization > Background, kamu akan melihat seluruh halaman berwarna abu-abu dan ada tulisan “Some settings are managed by your organization” di bagian atas .

Berikutnya, kamu perlu memastikan metode lain untuk mengubah background seperti mengklik kanan file image – juga tidak akan bisa. Kembali Registry editor, kembali ke key yang sama.

Jika kamu tidak melihat key bernama “System” di bawah key Policies , kamu harus membuanya. Klik kanan pada key Policies dan pilih New> Key. Namakan key baru sebagai “System.” Jika key ActiveDesktop sudah ada, maka melewatkan langkah ini.

pwc_7

Berikutnya, kamu harus menciptakan key baru di dalam key System. Klik kanan key ActiveDesktop dan pilih New> DWORD (32-bit). Namakan key baru sebagai “Wallpaper” dan kemudian double click untuk membuka windowpropertinya.

pwc_8-650x302

pwc_9-650x302

Pada window, ubah value ke lokasi file gambar yang mau kamu gunakan sebagai lbackground desktop dan kemudian klik “OK.” Perhatikan bahwa kamu hanya bisa menggunakan file JPG atau BMP.

pwc_10

Berikutnya, kamu bisa mengatur style wallpaper dengan menciptakan key lain. Style wallpaper menentukan apakah wallpaper ini centered, tile, dan sebagainya. Untuk melakukan ini, klik kanan pada key Sistem dan pilih New> String Value. Namakan key baru sebagai “WallpaperStyle.”

pwc_11-650x302

Double klik key WallpaperStyle untuk membuka window properti. Dalam kotak “Value data”, ketik salah satu nomor berikut untuk memilih style yang kamu mau kemudian klik “OK.”:

  • 0 – Centered
  • 1 – Tiled
  • 2 – Stretched
  • 3 – Fit
  • 4 – Fill
  • 5 – Span

pwc_12

Pada titik ini, background desktop sudah sepenuhnya dilindungi dari perubahan, sehingga kamu sudah boleh menutup Registry Editor. Kamu harus restar PC untuk melihat perubahan. Setelah itu, jika kamu mencoba mengklik kanan file image yang berbeda dan memilih “Set as desktop background”, background desktop tidak berubah. Dan kamu pun tidak akan menerima pesan eror apapun.

Jika kamu ingin mengembalikan perubahan, login kembali sebagai user tersebut dan masuk ke kry “System” dalam Registry Editor, kemudian hapus kedua key yang kamu buat: NoDispBackgroundPage dan Wallpaper.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.