Cara Menampilkan Pesan Pada Saat Windows Startup

Jika kamu pernah menggunakan PC milik perusahaan, kamu mungkin pernah melihat legal notice yang ditampilkan sebelum kamu sign in ke Windows. Berikut adalah bagaimana kamu bisa melakukan hal yang sama pada PC kamu sendiri dan menampilkan pesan dengan teks yang kamu inginkan.

Menampilkan Text Message Saat Startup  dengan Mengedit Registry 

Buka Registry Editor dengan menekan Start dan mengetik “regedit.” Tekan Enter untuk membuka Registry Editor dan berikan izin untuk membuat perubahan pada PC kamu.

391x568xdcp_1

Dalam Registry Editor, gunakan sidebar kiri untuk menavigasi ke path berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System

650x302xaln_2-650x302

Di panel kanan, kamu akan melihat dua key yang bernama “LegalNoticeCaption” dan “LegalNoticeText”. Kamu perlu mengedit dua bagian ini untuk membuat pesan kamu. Double click key “LegalNoticeCaption” untuk membuka window propertinya.

650x302xaln_3-650x302

Key “LegalNoticeCaption” berfungsi sebagai judul pesan kamu. Ini akan muncul di bagian atas dan dalam font sedikit lebih besar dari pesan teks. Tentu saja, jika kamu hanya ingin pesan yang sangat singkat, kamu bisa hanya menggunakan “LegalNoticeCaption” dan kosongkan “LegalNoticeText”. Dalam kotak “Value data” , ketik judul pesan kamu dan kemudian klik “OK.”

2017-01-05-15_26_34-registry-editor

Kembali pada window Registry Editor utama, double click key “LegalNoticeText” untuk membuka window propertinya.

650x302xaln_5-650x302

Ketik pesan kamu ke dalam kotak “Value data”. Kamu juga bisa mengetikkan pesan kamu dalam teks editor seperti Notepad dan kemudian copy / paste ke dalam kotak “Value data”. Tidak ada format yang tersedia, jadi ketik semua teks kamu pada satu baris sebelum kamu copy dan paste. Kemudian klik “OK.”

2017-01-05-15_27_38-edit-string

Jika kamu mau memasukkan “Enter” ke dalam teks, kamu bisa melakukannya di Registry Editor. Pilih key “LegalNoticeText”, klik menu “Edit”, kemudian klik “Modify Binary data.”

646x300xaln_7

Pada window editing binary, setiap huruf dari pesan (termasuk spasi) diwakili oleh empat karakter dalam heksadesimal. Teks biasa ditampilkan pada baihan kanan; karakter heksadesimal di sebelah kiri. Untuk memasukkan “Enter”, kamu perlu mengklik ruang di sisi kanan heksadesimal setelah karakter di mana kamu ingin memasukkan Enter. Kamu bisa menghitung lokasi yang kamu butuhkan. Satu karakter dari teks normal adalah empat karakter di sisi biner. Jadi untuk menghitung jumlah karakter dalam teks normal, kalikan dengan empat, dan kemudian hitung jumlah karakter biner untuk menemukan tempat yang sama. Kamu mungkin mencoba beberapa kali untuk mendapatkan penempatan yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Setelah mengklik ruang yang tepat, ketik 0D00. Ini adalah karakter heksadesimal untuk Enter. Jika kamu mau menambahkan baris tambahan antara paragraf, masukkan karakter 0D00 dua kali berturut-turut, seperti yang dilakukan pada contoh ini. Lakukan ini di setiap ruang di mana kamu ingin Enter dan kemudian klik “OK.”

361x321xaln_8a

Sekarang kamu sudah bisa keluar dari Registry Editor. Restart Windows, dan kamu akan melihat legal notice yang kamu tambahkan sebelum kamu sign in.

20170106_142538

Untuk membalikkan perubahan, buka Registry Editor lagi, kemudian buka key “LegalNoticeCaption” dan”LegalNoticeText”, dan hapus semua yang ada dalam kotak “Value data”.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.