Cara Menambahkan “Open with Notepad” ke Menu Konteks Windows Untuk Semua Files

Jika kamu mau membuka file yang bukan jenis Notepad, kamu harus mengklik beberapa menu pilihan untuk mewujudkannya. Terkadang ini bisa membuat seseorang merasa kesal. Jadi kalo kamu sering membuka file dengan Notepad, kenapa tidak menambahkan pilihan  “Open with Notepad” menu konteks saja? Berikut adalah cara untuk melakukannya.

Note: Jika kamu sering mengedit file konfigurasi dengan Notepad, kamu mungkin boleh menginstal Notepad ++. Maka secara otomatis kamu akan menambahkan pilihan  “Open with Notepad”++” untuk menu konteks.

Menambahkan “Open with Notepad” ke Menu Konteks dengan Mengedit Registry secara manual

1. Buka Registry Editor dengan menekan Start dan mengetik “regedit.” Tekan Enter untuk membuka Registry Editor dan berikan izin untuk membuat perubahan pada PC kamu.

391x568xown_1

2. Dalam Registry Editor, gunakan sidebar kiri untuk menavigasi ke path berikut:

HKEY_CLASSES_ROOT\*\shell

650x301xown_2-650x301

3. Kemudian kamu harus membuat new key di dalam key “shell”. Klik kanan pada key “shell” dan pilih New> Key. Namakan key baru tersebut dengan “Open with Notepad”.

650x301xown_3-650x301

4. Sekarang, kamu akan membuat key baru lainnya di dalam key “Open with Notepad”. Klik kanan pada key “Open with Notepad”dan pilih New> Key. Namakan key baru tersebut dengan “command”.

650x301xown_4-650x301

5. Klik key “command” tersebut, kemudian pada panel kanan, double-click “Default” untuk membuka itu property pagenya.

650x301xown_5-650x301

6. Dalam kotak “Value data” , ketik teks berikut dan kemudian klik “OK”:

notepad.exe %1

index

7. Dengan ini  kamu telah berhasil melakukan perubahan. Untuk mengtest, right click pada file dan lihat apakah perintah “Open with Notepad” muncul.

Jika kamu ingin membatalkan perubahan ini, masuk kembali ke Registry dan hapus key ” Open with Notepad” yang kamu buat sebelumnya.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.