Cara Menambahkan Event ke Google Calendar Menggunakan Address Bar di Chrome

Katakanlah kamu sedang browsing web di Chrome dan kamu tiba-tiba ingat dan ingin menambahkan event  ke Google Calender. Daripada membuka tab baru untuk mengakses Calender, atau menggunakan aplikasi Google Calendar Chrome, kamu bisa menambahkan event ke Calender langsung dari address bar Chrome dengan trik ini.

Kamu memerlukan beberapa langkah untuk setup, tetapi setelah selesai, kamu bisa langsung mengetik sebuah event ke address bar-seperti “meeting on Thursday at 10 am” -dan event tersebut akan dimasukan ke Calender. Untuk membuat hal ini, kamu hanya perlu untuk membuat special search engine di Chrome dengan URL tertentu.

Untuk membuat special search engine, klik kanan pada address bar dan pilih “Edit search engines”.

01_selecting_edit_search_engines

Pada kotak dialog Search engine, di bawah “Other search engines”, ketik nama yang kamu mau seperti “Add Event” di kotak pertama. Pada kotak tengah, masukkan keyword seperti “cal”, yang perlu kamu ketik pada address bar untuk mengaktifkan search engine kustom  ini. Kemudian, copy URL berikut dan paste ke dalam kotak terakhir:

http://www.google.com/calendar/event?ctext=+%s+&action=TEMPLATE&pprop=HowCreated%3AQUICKADD

Tekan Enter setelah selesai.

02_entering_add_event_search_engine

Search engine kustom akan muncul di bawah Other search engines. Klik “Done” untuk menutup kotak dialog Search engine.

03_clicking_done

Sebelum kamu  menggunakan Search engine kustom ini untuk menambahkan event ke calender, kamu perlu memastikan sudah sign-in ke profil Chrome yang sama dengan akun Google kamu. Untuk melakukan ini, gunakan Profil Switcher di Chrome untuk memilih profil yang benar atau membuat akun Google yang diinginkan.

Setelah kamu masuk ke profil Chrome yang sesuai dengan akun Google yang mau kamu gunakan, ketik “cal” (atau password yang kamu tambahkan tadi) di address bar dan tekan Tab atau Spasi. “Search” dan nama search engine baru akan ditampilkan di sisi kiri dari address bar. Gunakanlah bahasa yang natural, ketik event yang mau kamu tambahkan ke Calender, contohnya seperti “meeting on Thursday at 10 am”, dan tekan Enter.

Screen untuk menciptakan new event akan muncul dengan data yang diisi sesuai, seperti judul event dan tanggal dan waktu. Kamu bisa mengedit informasi lain untuk event ini, seperti lokasi. Setelah selesai, klik “Save”.

05_saving_meeting

Calender akan menampilkan event yang baru ditambahkan, dan akan muncul notifikasi apa yang ditambahkan. Jika kamu berubah pikiran setelah menambahkan event, kamu bisa mengklik link “Undo” pada notifikasi untuk menghapus event.

Jika kamu sering menggunakan Chrome untuk browsing web dan Google Calendar untuk mengatur event dan janji, ini adalah trik yang sangat berguna.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.