Cara Memindah Documents, Music dan Folder Lainnya Ke Tempat Lain pada Windows

Secara default, Windows menyimpan folder pribadi kamu seperti Documents, Music, Pictures, dan Video di C:\Users. Jika kamu ingin memindahkan folder tersebut ke secondary drive, kamu bisa melakukannya dengan pilihan menu sederhana.

Folder default tersebut disimpan dalam folder user kamu (jadi jika nama user kamu adalah Simon, kamu menemukan semua folder tersebut di C: \ Users \ Simon). Kamu bisa memindahkan folder ini dengan drag mereka ke lokasi baru, tetapi ada beberapa masalah yang dapat timbul dengan melakukan hal ini, seperti eror dari program tertentu. Gunakanlah metode “resmi” yang akan kamu uraikan dibawah ini untuk memastikan bahwa kamu hanya menggerakkan folder yang memang bisa dipindahkan, dan dengan ini Windows akan selalu tahu di mana folder tersebut berada.

Sebelum kita terlalu jauh, berikut ini adalah folder default yang dibicarakan:

  • Contacts
  • Desktop
  • Documents
  • Downloads
  • Favorites
  • Links
  • Music
  • Pictures
  • Saved Games
  • Searches
  • Videos

Ada beberapa folder dalam user directory kamu yang tidak bisa digerakkan dengan cara ini. Folder AppData misalnya, folder ini tidak boleh dipindahkan.

Memindahkan salah satu folder pribadi yang ada pada daftar tersebut hanya perlu mengikuti prosedur yang sama dan cara ini bekerja di setiap versi Windows Vista ke atas- termasuk Windows 7, 8, dan 10. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menutup setiap aplikasi yang sedang berjalan, karena aplikasi yang terbuka dapat mengganggu pemindahan.

Selanjutnya, buka window File Explorer dan arahkan ke folder berikut (dimana username adalah nama user account kamu):

C:\Users\username

Di dalam folder tersebut, kamu akan melihat semua folder yang kami sebutkan diatas.

mpf_1-650x437

Klik kanan pada folder yang mau kamu pindahkan dan kemudian klik “Properties.”

349x325xmpf_2

Klik ke tab “Location”. Textbox menunjukkan lokasi folder saat ini. Kamu bisa memilih lokasi baru dengan langsung mengetik path baru ke textbox atau dengan mengklik tombol “Move” dan browse lokasi baru. Setelah lokasi baru ditampilkan, klik “OK.”

mpf_3

Sebuah window konfirmasi “Move Folder” akan muncul. Klik “Yes” jika kamu ingin membuat lokasi baru, membuat Windows mulai menggunakannya dan memindahkan semua file dari lokasi lama. Klik “No” jika kamu hanya ingin membuat folder dan membuat Windows mulai menggunakannya, tetapi tidak ingin memindahkan file kamu saat ini untuk beberapa alasan. Klik “Cancel” untuk berhenti dan tidak jadi membuat lokasi folder baru sama sekali. Saya sarankan untuk memilih “Yes” sehingga kamu tidak memiliki file di dua lokasi.

mpf_4

Sekarang kamu akan melihat folder di lokasi baru. Ulangi proses ini untuk folder lain yang mau kamu pindahkan. Dan, jika kamu perlu memindahkannya kembali, kamu bisa kembali ke tab “Location” dari window properti folder dan pilih lokasi baru atau hanya klik tombol “Restore Default” .

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.