Cara Membuka Window File Explorer dari Command Prompt Directory Saat ini

Katakanlah kamu sedang membuka Command Prompt, mengerjakan suatu file dan folder, dan kamu ingin mengaksesnya di Explorer. Daripada menavigasi kepada explorer secara manual, kamu bisa membukanya hanya dengan satu perintah sederhana. Berikut caranya:

1. Bukalah Command Prompt (apabila belum) dengan menekan Windows + X dan pilih “Command Prompt” dari menu Power User.

280x346xoec_1

2. Mari mulai dengan command sederhana untuk membuka File Explorer untuk folder saat ini di Command Prompt. Pada prompt, ketik berikut:

start .

index

3. “.” yang digunakan dalam Command Prompt sebagai singkatan untuk folder saat ini, jadi ini akan membuka folder saat ini di File Explorer.

650x258xoec_a-650x258

4. Kamu juga bisa menggunakan double “.” untuk membuka parent dari folder saat ini. Misalnya, pada saat ini kamu sedang membuka sebuah folder bernama “Reports” yang berada di dalam sebuah direktori bernama “Project A.” Kamu bisa ketik command berikut untuk membuka folder “Project A” di File Explorer tanpa meninggalkan folder “Reports” di Command Prompt:

start ..

index2

5. Dan dengan satu perintah, folder “Project A”  akan terbuka di File Explorer.

650x250xoec_b-650x250

6. Kamu juga bisa menambahkan path lain dibelakng tanda “. .” . Contohnya apabila ada folder dengan nama “Sales” dalam folder “Project A”. Sementara masih dalam folder “Reports”, kamu bisa ketik command berikut untuk membuka folder “Sales” di File Explorer tanpa meninggalkan folder “Reports” di Command Prompt:

start ..\Sales

index3

7. Tentu saja, kamu juga bisa mengetik path lengkap untuk membuka folder pada PC kamu:

start c:\windows\system32

650x167xoec_5-650x167

8. Kamu juga bisa menggunakan commant dengan folder variabel built-in Windows. Jadi, misalnya, kamu bisa ketik command berikut untuk membuka folder AppData user saat ini:

start %APPDATA%

649x170xoec_6

9. Atau command seperti ini untuk membuka folder Windows startup:

start shell:startup

649x160xoec_7

Jadi, jika kamu sedang membuka Command Prompt dan ingin beralih menggunakan File Explorer untuk beberapa tugas, cukup gunakan command “start” yang sederhana.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.