Cara Membuat Taskbar Windows 10 Menjadi Transparan

Secaea defaukt, taskbar Windows bisa diset menjadi sedikit transparan dan berwarna. Dan kamu juga bisa meningkatkan transparansi dengan registry hack. Tapi kamu tidak bisa memebuat tasbar menjadi benar-benar transparan, sehingga hanya ada ikon yang terlihat pada wallpaper.

Namun, dengan menginstal TransparentTB – sebuah aplikasi gratis dan open source yang memungkinkan kamu untuk mengatur taskbar kamu menjadi benar-benar transparan. Aplikasi ini juga bisa membuat taskbar menjadi blur, dan bahkan menggantinya dengan warna apapun yang kamu mau.

Untuk memulai, Download versi terbaru TransparentTB. TransparentTB akan muncul dalam bentuk file ZIP. Kamu perlu unzip dan menempatkan EXE dimana pun yang kamu suka.

2017-02-08 16_18_45-TranslucentTB.2017.2

Kami sarankan agar kamu menyimpan aplikasi ini di direktori user kamu, namun kamu juga bisa menempatkannya di direktori drive C. Di mana pun kamu menempatkan aplikasi ini, masuk dan buka aplikasi tersebut. Kamu akan langsung melihat efek yang muncul, seperti taskbar menjadi kabur.

2017-02-08 16_20_16-

Kamu akan melihat ikon aplikasi tersebut di system tray, yang menawarkan dua pilihan utama: Blur atau Clear.

2017-02-08 16_21_49-

Opsi Transparan (Clear) adalah pilihan yang cocok jika kamu ingin melihat seluruh wallpaper pada layar. Sedangkan opsi Blur cocok jika kamu ingin taskbar menjadi berbeda, tetapi tetap ingin melihat warna yang konsisten dengan apa yang ada di wallpaper.

Cara Menjalankan TransparentTB Saat Komputer diBoot

Kamu juga bisa menjalankan TransparentTB saat kamu mem-boot Windows. Pertama, tekan tombol Windows dan R untuk memulai perintah Run.

650x260xtranslucenttb-run-command

Ketik “shell: startup” dan tekan Enter. Sebuah window File Explorer akan membuka ke folder Startup. Drag executable TransparentTB ke folder ini dengan tombol kanan mouse.

650x485xtranslucenttb-shortcut-drag

Ketika kamu mlepaskan tombol mouse, maka kamu akan muncul beberap opsi. Pilih “Create shortcuts here”.

index

Kamu telah membuat shortcut ke executable dalam folder startup, yang berarti aplikasi ini akan launch pada saat boot.

Mengakses Sedikit Opsi tambahan

Jika kamu ingin TranslucentTB launch sebagai transparan, bukan blur, maka kamu perlu mempelajari sedikit tentang opsi command prompt. Berikut ini adalah ringkasannya:

–blur membuat taskbar menjadi kabur, yang juga merupakan default.
–opaque membuat taskbar menjadi warna solid tunggal (tidak ada transparansi.) Secara default warna hitam, tapi kamu bisa mengubahnya menggunakan –tint.
–transparent membuat taskbar menjaditransparan. Dengan –tint kamu bisa menambahkan warna highlight sedikit.
–tint memungkinkan kamu untuk memilih warna yang bekerja dengan opsi –opaque atau transparan (tidak bekerja dengan –blur.) Kamu memerlukan kode hex untuk warna yang kamu inginkan.

Untuk menge-test, cobalah buka command prompt dan masuk ke folder di mana kamu menyimpan aplikasi menggunakan cd. Kemudian coba jalankan TranslucentTB.exe diikuti dengan opsi yang kamu inginkan. Misalnya, jika kamu ingin taskbar transparan, ini adalah perintahnya:

TranslucentTB.exe --transparent

Jika kamu menggunakan langkah-langkah di atas untuk membuat TranslucentTB mulai saat boot, kamu bisa menambahkan opsi ini untuk shortcut itu. Cukup klik kanan pada shortcut, kemudian klik “Properties.”

2017-02-08 16_29_47-New notification

Sekarang, di kotak “target”, kamu bisa menambahkan opsi untuk dijalankan. Seperti ini:

650x344xadd-option-shortcut.png.pagespeed.gp+jp+jw+pj+js+rj+rp+rw+ri+cp+md.ic.yW_eFK4Fgj

Program ini sekarang akan mulai saat booting dengan opsi pilihan kamu.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.