Cara Membuat GIF dari Screen Windows

Jika kamu bingung bagaimana cara merekam layar komputer kamu dan kemudian mengubahnya menjadi animasi GIF, maka gak usah bingung lagi. Berikut adalah cara yang perlu kamu ketahui untuk menciptakan screencasts GIF pada komputer Windows.

Kamu perlu menginstal sebuah program screen-to-GIF sebelumnya. Yang paling mudah untuk digunakan adalah GIF Screen Recorder. GIF Screen Recorder memungkinkan kamu untuk merekam semua atau bagian dari layar dan kemudian mengedit outputnya, sehingga kamu bisa membuat GIF yang sempurna.

GIF Screen Recorder akan bekerja pada Windows XP hingga Windows 10, tetapi membutuhkan .NET Framework 4.0, yang akan otomatis diinstal  jika tidak ada pada saat kamu menginstal GIF Screen Recorder.

Setelah selesai menginstal GIF Screen Recorder, Buka dan masuk ke aplikasi ini. Garis merah menunjukkan daerah yang mau kamu rekam.

2017-01-14 14_23_25-New notification

Di sudut kiri atas, ada menu control untuk Start/Restart, Pause, dan Stop rekaman kamu. Ada juga tombol Help, dan menu dropdown untuk memilih ukuran yang ditetapkan.

Jika tidak ada ukuran yang sesuai dengan keinginan kamu, kamu bisa ambil perbatasan merah dan drag mereka untuk mengubah ukuran daerah secara manual.

2017-01-14 14_26_03-New notification

Disini saya akan melakukan rekaman sederhana dengan membuka dan menutup menu Start pada Windows, jadi saya akan mengubah ukuran window GIF Recorder sehingga frame hanya pada menu Start.

Setelah area yang kamu direkam sudah tepat di dalam bingkai, klik tombol Start GIF Recorder dan mulai merekam. Setelah selesai, klik tombol Stop. Jika kamu perlu untuk berhenti sebentar, klik tombol Pause.

Ketika kamu mengklik tombol Stop, kamu akan diminta untuk menyimpan rekaman baru tersebut. Pastikan kamu memilih tujuan yang mudah diakses, berikan nama dan kemudian klik “Save”.

2017-01-14 14_38_28-Save As

Pada titik ini, pada dasarnya telah slesai. Kamu sudah bisa share GIF tersebut jika mau, tetapi jika GIF kamu memiliki beberapa frame yang tidak diperlu pada awal dan akhir, kamu bisa memotong bagian tersbut dengan cara klik “Open the gif animation in the gif editor” pada dialog berikutnya.

2017-01-14 14_39_24-Gif Recorder

Aplikasi GIF Editor bisa memotong kelebihan frame pada bagian awal, tengah atau akhir. Untuk melakukan ini, pertama temukan frame di mana kamu ingin GIF memulai. Di sini, saya ingin GIF untuk memulai ketika pointer mouse pada tombol Start. Jadi saya akan memilih frame sebelum itu, tahan tombol “Shift”, kemudian pilih frame pertama dalam urutan, jadi saya pilih frame dari 0,0 detik menjadi 1,1 detik.

Selanjutnya, klik tombol “Delete Image” pada toolbar atau gunakan tombol “Delete” pada keyboard.

2017-01-14 14_41_11-Animated Gif Editor - [C__Users_Jelvia Tjandra_Videos_gif windows.gif]

Lakukan hal yang sama untuk bagian akhir GIF kamu, jika perlu, klik tombol “Show Animation” di toolbar untuk melihat hasilnya.

2017-01-14 14_42_39-Animated Gif Editor - [C__Users_Jelvia Tjandra_Videos_gif windows.gif]

Pastikan kamu puas dengan hasilnya, jika tidak kamu perlu membuka kembali GIF dan trim lagi (tidak ada tombol undo).

Jika kamu sudah puas dengan hasilnya, Sace GIF yang telah diedit dengan menimpa file yang lama (kiri), atau membuat file baru dengan tombol Save As (kanan).

2017-01-14 14_46_54-Start

Ada beberapa pilihan lain yang tersedia dengan editor GIF. Pertama, kamu bisa menambahkan gambar tambahan untuk animasi kamu.

Juga, mengklik tombol “Edit Image” akan membukanya di Microsoft Paint, di mana kamu bisa membuat penyesuaian seperti menambahkan alat bantu visual atau teks.

Dan yang terakhir, tombol Eksport akan memberikan berbagai pilihan, seperti mengubah ukuran (jika file terlalu besar) dan mengubahnya ke file AVI.

Berikut hasil dari gif yang saya buat, rekaman sederhana membuka dan menutup menu Start.

gif windows

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.