Cara Melihat Website Apa Yang Diam-diam Terconnect ke Komputer Kamu

Pernah ngerasa koneksi Internet kamu menjadi lebih lambat dari yang seharusnya? Mungkin ada kemungkinan bahwa komputer kamu memiliki beberapa malware, spyware, atau adware yang menggunakan koneksi Internet di background tanpa sepengetahuan kamu. Berikut adalah cara untuk melihat apa yang terjadi di dalam komputer kamu.

Cara Memeriksa Apa Yang Terconnect ke Komputer Kamu

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan command netstat dari window command prompt. Gunakan command netstat untuk memberikan daftar segala sesuatu yang telah membuat koneksi internet dalam jumlah waktu tertentu. Untuk menggunakan command netstat, ikuti langkah berikut:

1. Klik kanan pada tombol Start dan pilih opsi “Command Prompt (Admin)”.

2016-10-20-17_22_43

2. Pada command prompt, ketik perintah berikut dan tekan Enter:

netstat -abf 5 > activity.txt

650x193ximage119

 

Opsi -a menampilkan semua koneksi dan listening ports, opsi -b menunjukkan aplikasi apa yang membuat koneksi tersebut, dan opsi -f menampilkan nama DNS penuh untuk setiap opsi koneksi agar kamu lebih mudah memahami dari mana koneksi tersebut dilakukan. Kamu juga dapat menggunakan opsi -n jika Kamu hanya ingin menampilkan IP Address. Dan kemudian hasilnya bisa dilihat dalam file activity.txt.

Tunggu sekitar dua menit dan kemudian tekan Ctrl + C untuk menghentikan recording data.

Setelah kamu selesai recording data, kamu hanya dapat membuka file activity.txt di editor untuk melihat hasil, atau kamu bisa mengetik activity.txt pada command line untuk membukanya di Notepad.

File yang dihasilkan akan menampilkan semua proses pada komputer kamu (browser, klien IM, program email, dll) yang telah membuat koneksi internet di dua menit terakhir, atau seberapa lama kamu menunggu sebelum menekan Ctrl + C. Ini juga termasuk daftar proses apa saja yang terhubung ke website apa.

650x326ximage120

Jika kamu melihat nama proses atau alamat situs web yang tidak kamu ketahui, kamu dapat mencari “(nama proses yang tidak diketahui)” di Google dan melihat apakah itu. Bisa jadi adalah sebuah fungsi sistem atau fungsi dari salah satu program kamu yang sedang berjalan. Namun, jika tampaknya seperti situs yang buruk, kamu bisa menggunakan Google lagi untuk mencari tahu bagaimana cara menyingkirkannya.

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.