Cara Lock Profile Google Chrome Kamu dengan Password

Chrome memberikan fitur untuk mengganti profile pada browser. Jika orang lain menggunakan komputer yang sama dengan kamu, kamu bisa mencegah orang lain untuk tidak mengakses profil Chrome kamu yang berisi bookmark, history, dan bahkan mungkin password yang disimpan. Kamu bisa mengunci akun Google Chrome kamu dengan password.

Untuk lock profile Chrome kamu dengan password akun Google, kamu harus menambahkan user baru di Chrome sebagai user yang dilindungi. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

1. Kamu perlu mengaktifkan New profile management system di Chrome pada Chrome Flags. Masukkan baris berikut ke address bar dan tekan Enter:

chrome://flags/#enable-new-profile-management

NOTE: kamu tidak harus menggunakan profil baru ini, tapi harus ada setidaknya satu supervised user sehingga kamu bisa mengakses opsi untuk lock profil kamu.

2016-12-15-23_45_17

2. Pilih “Enabled” dari daftar drop-down di bawah New profile management system.

2016-12-15-23_46_29-start

3. Chrome harus di-restart untuk melakukan perubahan ini, sehingga scroll ke bawah dan klik “Relaunch Now”.

650x273x03_clicking_relaunch_now

4. Setelah Chrome dibuka kembali, klik tombol menu Chrome di sudut kanan atas browser dan pilih “Settings” dari menu drop-down.

650x509x04_selecting_settings

5. Pada bagian People, klik “Add person”.

2016-12-16-00_22_30-settings

6. Pada kotak dialog “Add person”, masukkan Nama untuk orang baru dan centang kotak “Control and view the websites this person visits from youremail@gmail.com”. Kamu juga bisa mengubah gambar yang terkait dengan user ini dengan mengklik gambar yang diinginkan. Klik “Add”.

2016-12-16-00_25_36-settings-add-person

7. Kotak berikut akan muncul memberitahukan kamu bahwa user baru tersebut adalah supervised user. Kamu bisa mengelola settings untuk supervised user ini dengan mengklik link www.chrome.com/manage yang disediakan di kotak dialog. Apabila kamu tidak ingin mengganti settingnys, maka klik “OK, got it”.

2016-12-16-00_25_36-settings-add-person

8. Kamu akan melihat nama user baru dalam daftar people, dengan “(Supervised)” di samping namanya.

2016-12-16-00_27_58-settings

9. Sekarang, ketika kamu mengklik tombol dengan nama profil kamu di bagian atas window browser, kamu bisa memilih “Exit and childlock” untuk menutup Chrome dan mengunci profil kamu.

NOTE: Untuk mengunci profil, kamu harus keluar Chrome menggunakan pilihan “Exit and childlock” pada menu profil switcher. Apabila kamu hanya keluar dari Chrome sepertin biasanya, maka profile kamu tetap akan unlocked.

650x380x09_selecting_exit_and_childlock

10. Kotak dialog profil Google Chrome akan secara otomatis menampilkan akun kamu dan kamu bisa langsung mengetik password kamu disana. Jika kamu tidak ingin membuka kembali Chrome setelah exit, maka klik “X” di sudut kanan atas. Jika tidak, untuk membuka Chrome menggunakan supervised user, masukkan kata sandi untuk akun Google kamu dan tekan Enter.

11. Ketika profil kamu dikunci, kamu akan membuka Chrome menggunakan supervised user, dialog dibawah ini akan muncul ketika kamu membuka Chrome. Kamu akan melihat ikon gembok pada profil kamu. Klik user profile kamu dan masukkan password untuk membuka Chrome menggunakan profil kamu.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.