Cara Customize Backgrounds Folder dan Ikon Folder di Windows Explorer

Memilih Picture untuk Ditampilkan sebagai Background untuk Icon Folder

Apakah kamu tahu bahwa icon folder default pada Windows Explorer dapat di-customized untuk memiliki gambar background? Sama seperti Desktop kamu!

Default Background untuk ikon folder adalah preview thumbnail dari isi di dalamnya: antara gambar dari dalam folder, ikon aplikasi atau jenis file yang ditemukan dalam folder. Hal ini dapat dicustomized dan kamu bisa mengganti dengan gambar yang kamu mau.

Berikut caranya:

1. Klik kanan pada folder yang mau kamu customized dan pilih “Properties”. Atau kamu juga bisa klik pada folder tersebut dan tekan Alt + Enter pada keyboard. Ini akan membuka window Properties.

2. Pilih tab “Customize”, kemudian klik “Choose file” pada bagian Folder pictures. Browse dan pilih gambar yang mau kamu gunakan sebagai background. Kemudian, tekan “Apply”.

2016-10-18-21_08_49-photos

3. Setelah kamu memilih gambar, klik OK lagi, dan selesai.

Sekarang gambar background sudah ada pada icon folder.

2016-10-18-21_12_06-photos

Mengubah Icon Folder

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah mengubah icon folder. Jika kamu telah customized folder kamu seperti yang ditunjukkan pada bagian sebelumnya, gambar background dari ikon folder akan diganti dengan ikon baru. Untuk mengganti kembali ke tampilan gambar background, kamu harus kembali ke icon folder default.

Bagian ini menunjukkan cara untuk customized folder dengan asumsi bahwa kamu tidak tertarik untuk mengubah gambar background dari icon folder tetapi kamu hanya ingin mengubah icon-nya saja. Berikut caranya:

1. Klik kanan pada folder yang mau kamu customized dan pilih “Properties”.

2. Pilih tab “Customize”, Klik “Change Icon” pada bagian Folder icons.

2016-10-18-21_13_08-photos

3. Pada window Change Icon, kamu perlu memilih ikon baru yang mau kamu gunakan. Klik Browse dan arahkan ke lokasi, pilih dan tekan OK.

2016-10-18-21_13_59-photos

Satu hal yang perlu kamu ingat: icon file disimpan sebagai standalone .ico file, tetapi juga dapat ditemukan di dalam .exe, .icl atau lainnya.

Setelah kamu memilih ikon baru, klik OK seklai lagi dan selesai. Ikon baru telah dipasang ke folder yang dipilih.

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.