Cara Cancel atau Delete Print Job yang Stuck pada Windows

Terkadang saat kamu mau print dokumen, sering terjadi dokumen tersebut stuck di antrian printer, sehingga menghalangi dokumen lainnya yang mau diprint. Berikut adalah cara untuk memperbaikinya.

Dengan membersihkan dan me-restart print spooler, software yang mengelola dokume, bisa mencetak memperbaiki masalah print ini. Namun jika gagal, kamu mungkin perlu untuk cancel salah satu atau beberap dokumen dalam antrian print dan melihat apa yang terjadi.

Cara ini bekerja pada Windows Vista, 7, 8, dan 10.

Clear dan Restart Print Spooler

Untuk menghapus dan restart Print spooler, pertama-tama kamu harus menghentikan Print Spooler Service. Klik Start, ketik “Service,” dan klik Services app.

388x565xcpj_8

Di panel kanan, double click “Print Spooler” untuk membuka window propertinya.

648x290xcpj_9

Pada tab “General”, klik tombol “Stop”. Kamu akan merestart service nanti, jadi biarkan window ini terbuka.

406x468xcpj_10

Buka File Explorer dan browse ke lokasi berikut ini, atau kamu juga bisa langsung copy dan paste teks ini ke address bar File Explorer dan tekan Enter:

%windir%\System32\spool\PRINTERS

Kamu akan diminta untuk memberikan izin akses ke folder ini. Klik “continue”.

352x185xcpj_11

Hapus isi seluruh folder dengan menekan Ctrl + A kemudian tombol Delete.

650x428xcpj_12-650x428

Sekarang, kembali ke window properti Service app yang tadi kamu buka dan klik “Start” untuk memulai kembali layanan Print Spooler. Klik “OK” untuk menutup window properti dan kamu sudha boleh keluar dari Service app.

406x468xcpj_13

Setelah kamu me-restart Print Spooler Service, semua dokumen dalam antrian kamu segera dikirim ke printer. Dan dokumen kamu akan mulai diprint apabila semuanya berjalan dengan baik.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.