Cara Batch Rename Multiple File pada Windows

Punya banyak file yang mau kamu rename, tetapi gak pengen rename satu per satu? Windows menyediakan lebih banyak cara untuk melakukan ini.

Kamu bisa dengan mudah rename satu file atau lebih hanya dengan Windows Explorer, tetapi kamu bisa melakukan lebih banyak lagi dengan Command Prompt atau PowerShell.

Rename Multiple File dengan Windows Explorer

Kamu mungkin tahu bagaimanarename satu file dari Windows Explorer (dikenal sebagai File Explorer pada Windows 10), tapi mari kita lihat bagaimana cara rename multiple file dengan ini.

Jika kamu menggunakan mouse, kamu memiliki tiga cara untuk memilih untuk select nama file dan kemudian rename:

  • Klik untuk select file dan kemudian klik “Rename” pada menu Home.
  • Klik untuk select file dan kemudian klik nama file yang dipilih.
  • Klik kanan file tersebut dan kemudian pilih “Rename” pada menu konteks.

650x420xwrn_1-650x420

Dan jika kamu lebih suka menggunakan keyboard, kamu hanya bisa menggunakan tombol panah (atau mulai mengetik nama file) untuk select file dan kemudian tekan F2 untuk memilih nama file.

Setelah kamu select nama file terpilih, perhatikan bahwa yang terhighlight hanya nama filenya saja, tidak termasuk ekstension akhirnya. Kemudian kamu bisa mulai mengetik nama file baru.

index

Setelah selesai mengetik, tekan Enter untuk menyimpan nama baru.

Kamu juga bisa menekan tombol “Tab” untuk secara otomatis memilih nama file berikutnya dalam folder sehingga kamu bisa langsung mulai mengetik nama baru untuk folder berikutnya. Lakukan ini terus dan kamu bisa dengan mudah mengubah nama semua file dalam folder tersebut.

Jika kamu mau rename banyak file dalam folder yang sama dan file-file tersebut tidak memerlukan nama yang terlalu berbeda satu sama lain, Windows menyediakan cara yang lebih mudah untuk mengubah nama file-file dalam batch. Caranya:

1. Select sekelompok file yang mau kamu rename (kamu bisa tahan tombol Ctrl untuk memilih beberapa file sekaligus, atau Shift untuk memilih berbagai file).

2. Setelah semua file dipilih, tekan rename command pada menu Home (atau kamu bisa pilih “Rename” pada menu konteks atau hanya tekan F2).

3. Kamu akan melihat semua file tetap dipilih, tapi nama pada file yang pertama namanya dihighlight sehingga kamu bisa mengetik nama baru.

474x177xwrn_3

4. Ketik nama baru untuk file tersebut dan kemudian tekan Enter. Semua file yang dipilih akan berganti nama menggunakan nama yang kamu ketik, hanya saja bagian belakangnya ditambahkan dengan nomor dalam kurung untuk membedakan setiap file.

473x174xwrn_4

Rename Multiple File dengan Command Prompt

Jika kamu membutuhkan sesuatu yang lebih dari itu, kamu juga bisa menggunakan rename atau ren command di Command Prompt. Command menerima karakter seperti * dan? untuk pencocokan beberapa file, ini bisa dapat membantu jika kamu hanya ingin rename pilihan file tertentu dalam folder yang penuh.

1. Cara tercepat untuk membuka Command Prompt dari folder adalah dengan membuka folder di File Explorer. Dari menu “File”, arahkan ke “Open command prompt,” dan kemudian pilih “Open command prompt.”

543x317xwrn_5

2. Untuk rename file tunggal, kamu bisa menggunakan sintaks perintah berikut:

ren "current_filename.ext" "new_filename.ext"

3. Tanda kuitpan sangat penting jika nama file kamu mengandung spasi. Jika tidak, maka tidak perlu tanda kutip. Jadi, misalnya, untuk rename file dari “wordfile (1) .docx” ke “my word file (01) docx” kamu harus menggunakan perintah berikut:

ren  "wordfile (1).docx" "my word file (01).docx"

650x195xwrn_6-650x195

4. Karena perintah ren dapat mengatasi ekstensi, kamu juga bisa menggunakannya untuk mengubah ekstensi dari beberapa file sekaligus. Misalnya, kamu memiliki pilihan file .txt yang ingin kamu ubah menjadi file html. Kamu bisa menggunakan perintah berikut bersama dengan “*” :

ren *.txt *.html

5. Kamu juga bisa melakukan beberapa hal menarik dengan “?”, yang digunakan untuk setiap karakter tunggal. Misalnya, kamu memiliki banyak file .html yang ingin kamu ganti menjadi file htm. Kamu bisa menggunakan perintah berikut untuk membuat perubahan:

ren *.html *.???

Ini memberitahu Windows untuk mengubah nama semua file dengan ekstensi .html dengan menggunakan nama file yang sama dari tiga huruf pertama ekstensi awal file, artinya pemotongan hurf “l” dari semua ekstensi dalam folder.

Rename Multiple File dengan PowerShell

PowerShell menawarkan fleksibilitas yang lebih untuk rename file dalam command line. Dua command penting yang kamu perlukan adalah Dir, yang berisi daftar file dalam direktori saat ini, dan Rename-Item, yang mengganti nama item (file).

1. Cara tercepat untuk membuka PowerShell dari adalah dengan membuka folder di File Explorer. Dari menu “File”, arahkan ke “Open Windows PowerShell,” dan kemudian pilih “Open Windows PowerShell.”

541x318xwrn_7

2.  Untuk rename file tunggal, kamu bisa menggunakan sintaks perintah berikut:

rename-item  "current_filename.ext" "new_filename.ext"

3. Jadi, misalnya, untuk rename file dari “wordfile (1) .docx” ke “my word file (01) docx” kamu harus menggunakan perintah berikut:

rename-item "wordfile.docx" "My Word File.docx"

650x103xwrn_8-650x103

4. Cukup mudah. Tapi kekuatan nyata dalam PowerShell berasal dari kemampuan untuk commandlets dan beberapa switch yang didukung oleh rename-item commandlet. Misalnya, kamu memiliki banyak file yang bernama “wordfile (1) .docx”, “wordfile (2) .docx”, dan sebagainya.

 

index3

5. Katakanlah kamu ingin mengganti space diantara nama file dengan tanda garis bawah sehingga nama file tidak mengandung spasi. Kamu bisa menggunakan commandlet berikut:

dir | rename-item -NewName {$_.name -replace " ","_"}

648x113xwrn_10

Bagian Dir dari commandlet berisi daftar semua file dalam folder dan mengganti mereka untuk menjalankan rename-item commandlet.

Dan sekarang, file-file kamu akan terlihat seperti ini:

index2

Namun, PowerShell sebenarnya menawarkan banyak kegunaan lainnya yang luar biasa untuk rename multiple file.

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.