Pengenalan The Dock di Mac

Screen Shot 2015-10-28 at 3.17.59 PM
Bar besar di bagian bawah (default) dari layar Mac kamu disebut Dock. Ketika kamu pertama kali mendapatkan Mac akan ada sejumlah ikon di dalamnya. Sebagian besar adalah ikon untuk aplikasi tetapi ada jenis lain juga. Dock dapat sedikit membingungkan pada awalnya. Panduan ini akan membuatnya lebih jelas.

Dock dibagi menjadi dua bagian yang dipisahkan oleh tipis, garis vertikal. Setiap bagian memiliki penggunaan sendiri.

Bagian Aplikasi
Bagian kiri berisi ikon aplikasi. Kamu akan melihat beberapa ikon seperti Finder dan Dashboard. Kamu dapat klik ikon ini untuk membuka aplikasi yang mereka wakili.

Jika aplikasi sudah berjalan kamu akan melihat titik hitam di bawah ikon. Apabila kamu mengklik ikon, aplikasi akan muncul ke hadapan layar.

Jika kamu membuka aplikasi yang ikonnya tidak ada di Dock, ikon sementara akan muncul di akhir bagian aplikasi selama aplikasi berjalan. Ketika kamu menghentikan aplikasi, ikon sementara tersebut akan hilang.

Anda dapat menambahkan ikon di dock dalam dua cara. Cara pertama adalah dengan hanya drag aplikasi dari Finder ke bagian aplikasi Dock. Yang kedua adalah buka aplikasi dan selama aplikas berjalan, pilih: Ctrl + Klik ikon sementara” dan klik “option” lalu pilih Keep in Dock.” Ini akan menampilkan ikon di Dock bahkan setelah kamu keluar dari aplikasi.

Untuk menghapus ikon cukup tarik dari Dock ke tempat lain di layar. Ikon akan langsung hilang.

Bagian Dokumen
Bagian kanan dari garis pemisah digunakan untuk dua hal: file dan folder link serta windows yang diminimized.

File dan folder dari Finder dapat di-drag ke bagian ini untuk menciptakan sebuah ikon yang dapat digunakan dengan cepat untuk membuka file atau folder. Untuk menghapus icon cukup drag keluar dari Dock.

Windows yang diminimized akan ditempatkan di Dock. Untuk mengembalikan windows tinggal klik ikonnya.

Trash

Di ujung kanan Dock adalah ikon Trash. Ikon ini berbeda dari ikon lainnya. Trash dapat dikosongkan dengan cara Klik pada ikon Trash dan pilih Empty Trash.”

Screen Shot 2015-10-28 at 3.18.41 PM

Customizing
Dock dapat dicustomized dengan pergi ke Dock” dari System Preferences.
Screen_Shot_2015-10-28_at_3_19_26_PM
Ada beberapa pilihan untuk merubah Dock seperti yang kamu inginkan. Kamu juga bisa merubah posisi Dock ke kiri, bawah ataupun kanan dengan memilih “Left” / ” Bottom” / “Right”
Screen Shot 2015-10-28 at 3.19.13 PM

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.