Melihat Semua Keyboard Shortcuts untuk Setiap Apps dengan Cheatsheet di Mac

Menggunakan shortcuts keyboard memang dapat menghemat banyak waktu, tetapi jika kamu mengetahui setiap shortcut. Ada sebuah aplikasi gratis bernama Cheatsheet yang memberikan daftar semua shortcut keyboard untuk setiap aplikasi pada Mac. Sehingga kamu tidak perlu terus menurus klik menu bar untuk menemukan kombinasi tombol shortcut yang tepat. Yang perlu kamu lakukan adalah hold tombol Command. Brikut caranya:

1. Pertama, download Cheatsheet. Program ini datang dalam file ZIP. Setelah selesai, buka file dan Mac akan meng-archieve file tersebut.

2. Selanjutnya, drag aplikasi cheatsheet ke folder Applications. Sekarang kamu sudah bisa menjalankan Cheatsheet.

3. Pertama kali kamu membuka cheatsheet, kamu akan diberitahu untuk hold tombol Command untuk melihat daftar shortcut keyboard. Secara default, Cheat Sheet belum memiliki izin untuk menunjukkan daftar ini.

 

4. Klik tombol “Open Now” untuk menuju ke “Security & Privacy” di System Preferences.

650x375xcheat-sheet-permissions-required

5. Dari sini kamu perlu mengklik ikon gembok di kiri bawah, sehingga terbuka, seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Kemudian, pastikan Cheat Sheet dicentang dalam daftar. Setelah kamu melakukan ini, CheatSheet siap untuk dijalankan.

650x444xcheat-sheet-permissions

6. Kemudian cobalah hold Command untuk melihat daftar shortcut keyboard untuk aplikasi apapun. Sebuah daftar shortcut keyboard akan muncul seperti dibawah ini:

650x391xcheat-sheet-finder

6. Lepaskan Command dan popup daftar ini akan hilang. Shortcut ini tetap ditarik dari menu bar, yang berarti developer CheatSheet ini tidak perlu secara aktif maintain database shortcut keyboard. Jadi jika kamu sudah customized shortcut keyboard MacOS, Cheat Sheet tetap akan menampilkan shortcut keyboard yang telah dicustomized.

Aplikasi ini memudahkan untuk belajar shortcut keyboard tanpa mengganggu alur kerja kamu, yang perlu kamu lakukan hanya hold tombol command, sehingga ini bisa membantu kamu menjadi lebih produktif.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.