Lebih baik Log Out atau Shut Down atau Sleep?

Cara terbaik untuk mematikan Mac sering kali diperdebatkan oleh para fans Apple. Karena OS X adalah sistem operasi dengan histori panjang, Ada banyak cara yang berbeda untuk mematikan sistem operasi ini. Masing-masing memiliki penggunaan dan manfaat yang berbeda.

Secara umum, ketika kamu selesai menggunakan Mac, kamu dapat melakukan salah satu dari hal-hal berikut:

Sleep. Pilih menu Apple, lalu pilih Sleep.
Shut Down. Pilih Apple menu, lalu pilih Shut Down.
Log Out. Pilih menu Apple, lalu pilih Log Out.
Tutup Layar. Kalau kamu memiliki MacBook, kamu bisa menutup layar, yang otomatis membuat Mac dalam mode sleep.
Energy Saver. Diamkan saja dan Mac akan otomatis sleep pada waktu tertentu. Buka “System Preferences” dan pilihEnergy Saver”. Pastikan di kedua pengaturan yang Computer Sleep tidak diatur ke Never. Default adalah 10 menit, tetapi jika kamu bisa mengubahnya sesuai yang kamu mau.

Screen_Shot_2015-11-09_at_4_12_05_PM

Screen Shot 2015-11-09 at 4.11.44 PM

Ada pro dan kontra untuk masing-masing metode mematikan Mac.

Sleep: Jika kamu memilih sleep, Mac akan langsung nonaktif dan Idles. Rata-rata, pengguna Mac akan memilih opsi ini. Mode Sleep menggunakan daya dengan jumlah kecil. Beberapa Mac versi lama akan kehabisan daya dengan cepat jika dibiarkan disconnect.

Log Out: Keuntungan dari memilih Log Out adalah keamanan. Namun kamu akan perlu login untuk menggunakannya lagi. Ini sangat berguna jika kamu menggunakan Mac di tempat umum dan tidak ingin orang lain menggunakannya. Mac kamu akan otomatis masuk ke mode sleep, atau kamu juga bisa meng-klik Sleep dari layar Log Out.

Shut Down: Keuntungan dari menggunakan Shut Down adalah Mac membersihkan smua sistem temp, swap dan file cache ketika boot up. Beberapa pembaruan sistem akan otomatis diinstal pada boot up, jadi restartlah Mac kamu secara rutin. Kekurangannya adalah kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk Shut Down dan Start Up Mac.

Sebagian besar pengguna memilih untuk Sleep Mac atau meninggalkannya sampai otomatis masuk ke mode sleep.

Dulu ada argumen yang mendukung Sleep lebih baik dari Shut Down karena OS X menjalankan script (dikenal sebagai cron jobs“) pada malam hari. Namu, ini tidak lagi menjadi persoalan, karena OS X cerdas menjalankan cron jobs di latar belakang atau ketika mendeteksi inactive.

Sleep or Shut Down: Yang mana yang harus dipilih?

Bagi kebanyakan pengguna yang menggunakan Mac setiap hari, saya sarankan pilih mode Sleep ketika kamu sudah menyelesaikan pekerjaan. Mac akan siaga pada penggunaan daya rendah, dan siap pada saat kamu membutuhkannya.

Jika kamu menggunakan Mac jarang-jarang (tidak setiap hari) maka saya sarankan pilih mode Shut Down. Ini akan membantu menghemat baterai pada MacBook, dan juga hemat energi.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.