Cara Uninstall Program di Komputer Mac

Berbeda dengan Windows, kamu tidak perlu melalui proses uninstal untuk menghapus sebuah program. Kmu cukup drag program yang mau  dihapus ke Trash. Ketika Trash dikosongkan, program ini akan dihapus dari sistem. Namun, file dukungan yang masih ada setelah program tersebut telah dihapus, harus kamu hapus secara manual.

Bagian 1: Menghapus Program dengan Trash

1. Masuk ke Mac kamu dengan account admin

2. Buka folderApplications”. Cari program yang ingin kamu uninstall. Program mungkin juga bisa ditemukan di lokasi lain, seperti Desktop.

Screen_Shot_2015-12-03_at_3_38_39_PM

3. Drag ikon program atau folder program yang ingin kamu hapus ke Trash. Ketika kamu melepaskan aplikasi yang kamu pilih lebih dari trash, kamu akan mendengar efek suara seperti kertas yang digumpalkan.

Kamu juga bisa melakukan ini dengan shortcut keyboardCmd + Del“.

4. Kosongkan Trash kamu. Klik kanan pada ikon trash, pilih Empty Trash, kemudian klik Empty Trash untuk konfirmasi.

Screen Shot 2015-12-03 at 3.46.15 PM
Kamu juga bisa melakukan ini dengan shortcut keyboardCommand + Shift + Del”. Jika kamu tidak ingin diminta untuk konfirmasi, tekan Command + Shift + Option + Del.

 

Bagian 2: Hapus File Dukungan dan File Preferensi

Meskipun program ini telah dihapus, mungkin ada file dukungan yang tertinggal di hard drive. File preferensi ini biasanya cukup kecil, dan boleh tetap kamu simpan apabila ingin menginstal ulang aplikasi. Jika kamu tidak berencana menggunakan program itu lagi, kamu bisa menghapus file-file ini secara permanen.

1. Tekan tombol Option dan klik menu “Go” untuk membuka folderLibrary”.

670px-Uninstall-Programs-on-Mac-Computers-Step-5-Version-4

2. Cari file yang ingin kamu hapus. Carilah file atau folder dengan nama program atau nama developer di folder Library, folder Library>Preferences, dan Library >Application.

Screen_Shot_2015-12-03_at_3_53_42_PM

3. Pindahkan file atau folder yang kamu mau ke Trash. Kosongkan Trash untuk menghapus file. Jika kamu tidak bisa mengosongkan Trash, reboot komputer dan coba lagi.

Screen_Shot_2015-12-03_at_3_54_56_PM

Bagian 3: Cara lain untuk Delete Program

1. Buka Launchpad dari Dock. Jika kamu menginstal program dari Mac App Store, kamu bisa menghapus program dari Launchpad daripada menggunakan folder Applications.

Screen Shot 2015-12-03 at 3.57.27 PM

2. Tekan dan tahan tombol Option atau klik dan tahan ikon program sampai mereka semua mulai bergerak. Aplikasi yang dapat dihapus (diinstal dari Mac App Store) memiliki X” icon di sudut kiri atas ikon.

3. Klik ikon X” untuk menghapus aplikasi yang kamu mau. Sebuah window akan muncul untuk mengkonfirmasi bahwa kamu ingin menghapus aplikasi. Klik “Delete” untuk konfirmasi. Aplikasi ini akan dipindahkan ke Trash.

4. Kosongkan Trash kamu. Klik kanan pada ikon trash, pilih Empty Trash, kemudian klik Empty Trash untuk konfirmasi.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.