Cara screenshot pada Mac

Kalau kamu masih baru memakai Mac, kamu mungkin belum tahu bahwa OS X memiliki fitur screenshot yang lengkap.  Sekali kamu tahu bagaimana cara menggunakan fitu screenshot ini, kamu akan menyukainya dan mungkin sering menggunakannya. 


Cara screenshot menggunakan shortcut keyboard

Cara termudah untuk screenshot pada OS X adalah dengan menggunakan shortcut keyboard berikut:

Command + Shift + 3” untuk screenshot seluruh layar.

Screen Shot 2015-11-06 at 12.20.12 PM

Command + Shift + 4untuk screenshot bagian yang kamu ingingkan dari layar.

Screen Shot 2015-11-06 at 12.20.51 PM

Setelah kamu menekan shortcut keyboard ini, pointer mouse akan berubah menjadi crosshair: Klik dan tarik mouse di atas bagian layar yang kamu mau untuk discreenshot, kemudian lepaskan tombol mouse.

Jika Kamu mau screenshot untuk window tertentu, tekan “Command + Shift + 4 + spasi” , dan hasil screenshot akan terlihat seperti ini:

Screen Shot 2015-11-06 at 12.21.06 PM

Arahkan mouse ke atas window yang mau kamu screenshoot, kemulian klik, dan OS X akan screenshot hanya window itu, tanpa ada latar belakang apapun.

Biasanya, OS X akan menyimpan screenshot ke Desktop kamu sebagai file gambar PNG, tetapi jika kamu hanya perlu copy dan paste screenshot ke dalam dokumen tanpa menyimpan ke file, tekan juga tombol “Control di samping shortcut tadi. Contohnya, jika kamu mau screenshot seluruh layar ke dalam dokumen Word, tekan “Command + Control + Shift + 3“, lalu buka doc Word, kemudian paste screenshot di mana kamu mau.

 

Menggunakan Timer Screenshot

Kadang-kadang, mungkin kamu perlu beberapa detik untuk menyiapkan screenshot, atau mungkin saja kedua tangan kamu perlu berada di keyboard waktu mau screenshot. Apapun keadaan, OS X memiliki aplikasi Grab dengan fitur timer untuk snap screenshot setelah hitungan sepuluh detik.

Buka aplikasi Grab (cari di folder Utilities atau cari menggunakan Spotlight). Selanjutnya, pilihCapture“, lalu pilih “Timed Screen. Sebuah window kecil akan muncul, yang memberitahukan bahwa Grab akan memulai screenshot sepuluh detik setelah hitungan dimulai. Setelah kamu siap, tekan “Start Timer.

Screen Shot 2015-11-06 at 12.21.51 PM

Screen Shot 2015-11-06 at 12.22.05 PMSetelah sepuluh detik, Grab akan otomatis snap screenshot, dan hasilnya akan langsung kelihatan. Jika menurut kamu sudah cukup bagus, maka kamu bisa langsung save dan tinggal keluar dari aplikasi Grab.

Grab juga bisa mengambil screenshot seperti biasa, seperti screenshot pada seluruh lalyar ataaupun screenshot pada bagian tertentu pada layar. Tapi menurut saya, screenshot menggunakan shortcut keyboard jauh lebih praktis.


Selesai! Cara terbaik untuk belajar screenshot OS X adalah dengan mencobanya sendiri. Selamat mencoba!

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.