Cara Rotate Video Pada Mac

Kamu bisa rotate video langsung dari iPhone, tetapi jika kamu sudah mentransfer video tersebut ke Mac, QuickTime juga bisa melakukan hal yang sama dalam sekejap.

Pertama, buka video dengan QuickTime. Program ini mampu membuka video yang dibuat dari kebanyakan kamera dan handphone (video yang digunakan dalam demonstrasi ini berasal dari sebuah ponsel Android.) Selanjutnya, klik “Edit” di menu bar, kemudian klik “Rotate Right”.

650x363xquicktime-rotate-video-right

Tidak apa-apa jika kamu melakukan kesalahan ini pertama kalinya. Kamu bisa rotate lagi sampai benar. Ketika sudah selesai, kamu akan memiliki video berorientasi dengan cara yang kamu inginkan:

650x366xquicktime-video-flipped

Selanjutnya kamu perlu untuk menyimpan file ini, yang bisa kamu lakukan dengan mengklik File> Save pada menu bar, atau dengan menggunakan keyboard shortcut “Command + S”. QuickTime tidak akan menimpa video asli kamu, sehingga akan menyimpan dalam versi baru di mana pun yang kamu inginkan (Anda bisa  menghapus video asli secara manual jika kamu mau).

627x339xquicktime-save-edited-version

Dan selesai!

Note: jika video yang mau kamu rotate ini diimpor ke Photo (aplikasi foto default di MacOS), kamu mungkin akan melihat pilihan rotate berwarna abu-abu.

549x246xphotos-mac-rotate-video

Yang artinya kamu tidak bisa rotate video dari sana, tapi ada solusi lain. Cukup drag video dari Photo ke desktop, atau folder di Finder.

650x362xphotos-mac-export-image

Sekarang buka video dengan QuickTime dan rotate video tersebut. Setelah selesai, drag versi yang telah diedit kembali ke Photo untuk import kembali. Kemudian kamu bisa menghapus video asli dari Photo, jika kamu mau.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.