Cara Rename Beberapa File Sekaligus di Mac OS

Mac memiliki banyak fitur tersembunyi, dan salah satunya adalah kemampuan untuk rename beberapa file sekaligus.

Misalnya jika kamu memiliki empat screenshot sekaligus yang mau kamu rename, kamu bisa rename sekaligus tanpa perlau melakukannya satu per satu. Untuk melakukannya, pilih kesemua file, kemudian klik kanan dan pilih “Rename 4 Items”.

img_57d194ecb4b46

Sebuah dialog akan muncul. Dan kamu memiliki beberapa pilihan.

Rename dengan Format

 

Ketika kamu pertama kali melihat dialog, menu dropdown yang pertama adalah “Format”, disini kamu dapat mengubah nama setiap file. Ada dua pilihan lain di sana, tapi kami akan fokus pada pilihan Format untuk memulai.

img_57d195120dc61

Ada tiga format: “Name and Index” (contoh: File1.jpg), “Name and Counter” (contoh: file00001.jpg), dan “Name and Date” (contoh: file 2016-09-08 at 1.05.47 PM.jpg).

img_57d195742bdc3

Dalam bagian “Custom Format”, kamu bisa memberikan nama untuk file sesuai yang kamu mau. Defaultnya adalah “File”, tapi item kamu bisa diubah menjadi apapun yang kamu ketik.

Di bagian kiri, Anda memiliki pilihan untuk menambahkan atau tambahkan nama dengan telunjuk, counter, atau tanggal, dan akhirnya, di bawah itu, Anda dapat menetapkan setiap nomor yang Anda inginkan file baru Anda untuk memulai atau mengakhiri dengan.

Dibagian kanan bawah,  kamu bisa menetapkan nomor berapapun pada depan atau belakang nama file baru kamu.

Rename dengan Add Text

Pilihan menu dropdown selanjutnya adalah Add Text.

img_57d1952ec42cb

Pilihan ini sangat sederhana. kotak teks yang panjang memungkinkan kamu untuk menambahkan teks atau angka didepan atau dibelakang nama.

Pilihan ini berguna apabila kamu tidak ingin selalu mengubah nama file, melainkan menambahkan teks atau nomor pada nama file yang sudah ada sesuai dengan keinginan kamu.

Rename dengan Replace Text

Pilihan menu dropdown terakhir adalah replacetTeks. Yang perlu kamu lakukan di sini adalah mengganti satu kosa kata-misalnya “screen shot” -dengan sesuatu kata lain yang lebih pas.

img_57d1954534d5f

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.