Cara menyembunyikan Top Sites dan Frequently Visited Sites di Safari

Web browser Safari suka menampilkan Frequently Visited Sites ketika kamu membuka safari. Pada iPhone atau iPad, biasanya akan ditampilkan sebagai “Frequently Visited Sites”. Pada Mac, biasanya akan ditampilkan sebagai “Top Sites”. Kamu bisa menonaktifkan fitur ini apabila kamu tidak menyukainya.

Kamu bebas untuk menghapus setiap situs web yang tidak kamu ingin untuk muncul di sini dan terus menggunakannya. Pada iOS, kamu bisa menonaktifkan sepenuhnya. Pada Mac, kamu bisa men-tweak untuk mencegah informasi pribadi kamu muncul.

Menonaktifkan Frequently Visited Sites di iPhone atau iPad

Pada iOS 9, sekarang kamu bisa untuk menonaktifkan fitur “Frequently Visited Sites”, untuk mencegah situs yang sering dikunjungi muncul pada halaman tab baru di Safari pada iPhone, iPad, atau iPod touch kamu. Hanya ikon favorit kamu yang akan muncul pada halaman tab baru Safari.

Untuk melakukan hal ini, buka aplikasi Settings, pilih “Safari”, dan kemudin nonaktifkan pilihan “Frequently Visited Sites” di bawah opsi General.

img_5609fd36e7a07

Untuk menghapus satu atau beberapa Frequently Visited Sites sementara kamu masih ingin fitur ini diaktifkan, buka tab baru pada Safari dan lihat ikon untuk Frequently Visited Sites kamu. Tekan dan hold ikon tersebut kemudian tekan Delete untuk menghapusnya. Safari tidak akan menampilkan halaman ini lagi, tidak peduli berapa sering kamu masuk ke sites tersebut.

Menonaktifkan Top Sites pada Mac

Safari web browser di Mac OS X memiliki fitur serupa. Ini akan membuka “Top Sites” dengan preview thumbnail dari situs yang sering kamu kunjungi ketika kamu memulai Safari atau membuka tab baru.

Tidak ada cara untuk benar-benar menyembunyikan top sites dari interface pada Mac. Namun, kamu bisa mencegah top sites untuk muncul kecuali jika ada seseorang yang search sites tersebut.

Pilihan yang paling sederhana adalah dengan mengklik ikon bintang di kanan atas layar halaman favorites. Safari akan selalu membuka menampilkan situs web favorit kamu, dan tidak akan menunjukkan top sites kecuali seseorang mengklik pilihan itu. Pada halaman favorit akan selalu ada sebuah ikon yang akan membawa kamu ke top sites.

ximg_5609fce3c1815

Kamu juga bisa klik menu Safari dan pilih Preferences. Untuk “New windows open with” dan New tabs open with”, pilih opsi selain favorit – misalnya,  “home page” atau “blank page”. Orang lain harus mengakses dari History > Show top sites untuk melihat halaman favorit, dan kemudian klik ikon top sites pada halaman favorit untuk mengaksesnya.

ximg_5609fcf602eda

Halaman top sites safari selalu berukuran grid 4 × 3 dari 12 thumbnail. Kamu bisa menambahkan situs dari sana, menghapus situs dari sana, dan mengunci website di tempat. Cobalah lock kedua belas thumbnail di tempat dan tidak akan ada situs-situs lain yang akan muncul di sini.

Untuk menambahkan situs ke daftar top sites secara manual, masuklah ke sites tersebut kemudian klik tombol share pada toolbar Safari, pilih “Add bookmarks,” dan beritahu Safari untuk menambahkan halaman tersebut sebagai “Top sites”.

Kamu bisa melihat dari top sites view. Arahkan kursor mouse ke atas top site dan klik ikon pin untuk mengunci top site. Jika ada website yang tidak kamu inginkan muncul di sana, klik tombol x.

Dengan menghapus top site yang tidak kamu inginkan, menambahkan sites tertentu yang kamu inginkan, dan mengunci setiap sites di tempat, kamu bisa menyesuaikan daftar top site dan mencegah situs-situs lain muncul di sini.

img_5609fc6c20847

Banyak web browser yang memiliki fitur seperti ini. Jika kamu khawatir orang lain bisa melihat situs yang kamu kunjungi, kamu harus menghapus history web browser kamu dan data pribadi secara teratur. Tapi kamu juga bisa menyembunyikan top sites tersebut untuk mencegah agar orang lain tidak bisa melihat sittes apa yang sering kamu kunjungi.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.