Cara Menguji Ping pada Mac: Menguji Kecepatan Internet

Gunakanlah tes ping untuk menguji kualitas kecepatan internet kamu dan untuk mencari tahu mengapa layanan streaming dan game berjalan lambat. Ada tiga cara yang berbeda untuk tes ping pada Mac.

Cara 1 – Test ping pada Mac dengan layanan online

Mungkin cara termudah untuk tes ping adalah dengan menggunakan layanan online seperti Pingtest.net. Berikut adalah caranya:

1. Buka Safari dan masukkan http://www.pingtest.net .

2. Klik “Begin test”.

Screen_Shot_2015-11-24_at_3_17_06_PM

Pingtest.net akan mencari  server terbaik untuk diuji dan kemudian mengukur 3 hal: Loss Packet, Ping dan Jitter. Berikut adalah artinya:

2-Pingtest-Results

Packet Loss: Data yang dikirim ke net dalam blok pendek (biasanya 64 bytes) dikenal sebagai Packet Loss. Apapun selain 0% berarti tidak bagus dan harus kamu perhatikan internet kamu.

Ping: Ini diukur dalam ms (milisecond) dan semakin rendah nilainya, semakin cepat jaringan internet kamu.

Jitter: Ini adalah jumlah varians diantara nilai ping yang berbeda. Ini menunjukkan bagaimana stabil nilai Ping. Sama seperti ping, diukur dalam ms dan semakin rendah nilainya artinya semakin baik.

 

Cara 2 – Test ping dengan Network Utility

kamu juga bisa test ping langsung di Mac dengan menggunakan aplikasi jaringan “Network Utility”. Aplikasi ini ada di dalam Mac OS X yang memang dirancang untuk test ping. Berikut adalah caranya:
1. Buka “Network Utility” (terletak di dalam Applications> Utilities).
Screen_Shot_2015-11-24_at_3_46_42_PM
2. KlikPing“.
3. Ketik alamat IP atau URL web yang mau kamu ping di kolum “Enter the network that you want to ping”. Contohmya,  Masukkan www.google.com untuk test ping dengan situs itu.

4. KlikPing”.

Screen_Shot_2015-11-24_at_3_57_36_PMNetwork Utility akan berjalan, ia mendapatkan hasil ping dari situs BBC iPlayer. Setiap hasil test menunjukkan packet size (seperti 64 byte“) dan daftar ISP dan yang paling akhir adalah waktu ping diukur dalam ms. Berbeda dengan layanan online, kamu tidak bisa melihat hasil jitter dan grad, namun nilai ms yang semakin rendah semakin baik.

Cara 3 – Test ping dengan Terminal

Kamu juga bisa test ping dengan app Terminal. Berikut adalah caranya:

1. Buka Terminal” (klik pada Terminal terletak di Applications> Utilities).

 Screen_Shot_2015-11-24_at_4_00_23_PM
2. Ketik ping” diikuti dengan alamat IP atau alamat web. Contohnya, untuk Ping google ketikping www.google.com’.

3. TekanEnter”.

Screen Shot 2015-11-24 at 4.01.23 PMBiarkan program ping berjalan. Terminal akan berulang kali menguji ping. Tekan “Ctrl + C” jika kamu sudah selesai dan mau keluar dari proses test ping di Terminal.

Dengan cara ini, kamu bisa test ping berulang kali dan cukup cepat.

Ini adalah tiga cara yang bisa kamu gunakan untuk test ping

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.