Cara Menggunakan Smart Folder di Mac OS X

Smart Folders dapat menghemat banyak waktu kamu. Folder ini membantu kamu untuk menyimpan semua pencarian yang mau digunakan lagi ke depannya. Smart Folders akan selalu diupdate, sehingga folder ini akan menemukan semua file di komputer yang cocok dengan kriteria pencarian. Perbedaannya di sini adalah semua file akan muncul dalam satu Smart Folders. Jadi, misalnya, kamu bisa membuat SmartFolder yang berisi semua file Microsoft Word pada sistem kamu yang dibuka dalam seminggu terakhir. Atau kamu bisa membuat Smart Folder yang menampilkan file grafis, tapi hanya yang sesuai dengan kriteria dari ukuran file yang ditentukan.

 

Dan, karena Smart Folder menggunakan alias – teknologi untuk menampilkan item, maka file aslinya akan tetap berada di folder asalnya. Smart Folder tidak dapat mengumpulkan file menjadi satu dari folder yang terpisah, Smart Folder hanya mengumpulkan alias file, dan file yang asli tetap tersimpan di folder asalnya.

Ada beberapa cara untuk membuat Smart Folder, yaitu:

  1.  Pilih “File”, lalu pilih “New Smart Folder

  2. Menggunakan shortcut keyboardCommand + Option + N

3. Pilih “File“, lalu pilih “Find”, dan ketik Smart Folder

4. Menggunakan shortcut keyboar “Command + F” dan ketik Smart Folder

5. Langsung ketik ke dalam kotak pencarian di jendela Finder.

Kemudian kamu bisa memasukkan kriteria pencarian dengan mengklik tombol + untuk menambahkan kriteria atau tombol – untuk menghapus kriteria. Kalo uda selesai mengisi kriteria, klik tombol “Save”. Kamu dapat menyimpan folder ini di manapun yang kamu suka.

Screen_Shot_2015-11-04_at_5_24_37_PM_1

Screen Shot 2015-11-04 at 5.27.05 PMSetelah Anda membuat Smart Folder, kamu dapat memindahkannya ke mana saja dan menggunakannya sama seperti folder lain. Jika kamu mau mengubah kriteria untuk Smart Folder, buka dan klik tombol Edit. Bila sudah selesai, klik tombol Save untuk resave folder dengan kriteria baru

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.