Cara Menggunakan Apple System Profiler di Mac OS X

Perlu informasi tentang hardware kamu? Inilah beberapa alasan mengapa kamu perlu mengetahui info tentang hardware apa yang terinstal pada Mac kamu:

 1. Jika kamu bekerja dengan orang teknis untuk memecahkan masalah: Orang teknis biasanya akan meminta informasi tentang sistem kamu, seperti apa prosesor yang dipakai dan berapa banyak memori yang kamu miliki.

 2. Jika kamu sedang mengevaluasi sebuah aplikasi sebelum membelinya: Kamu perlu memeriksa persyaratan sistem minimumnya terhadap hardware pada Mac.

 3. Jika kamu mau upgrade Mac: Kamu perlu mengetahui berapa banyak memori yang dimiliki saat ini, apa saa jenisnya, dan slot memori mana yang penuh.

Apple menyediakan Mac OS X dengan display tool hardware dan software all-in-one, yang bernama Apple System Profiler. Kamu dapat menemukan Profiler melalui menu Apple. Klik ‘About this Mac’ dan kemudian klik tombol ‘System Report’.  Seperti yang kamu lihat dibawah ini:

Screen_Shot_2015-11-04_at_4_13_17_PMSama seperti tampilan di window Finder, kamu dapat membuka atau menutup setiap kategori utama dalam layar Profiler. Cukup klik segitiga yang muncul di sebelah kiri setiap kategori utama untuk membuka atau menutup isi kategori tersebut.

Screen_Shot_2015-11-04_at_4_14_18_PMKategori utama untuk System Profiler ada 3, yaitu:

1.  Hardware: Kategori ini memberitahu kamu tentang hard drive, serta spesifik mengenai CD dan DVD drive, modem, AirPort dan Bluetooth hardware, hardware grafis, pengaturan daya AC, dan setiap FireWire dan USB yang terhubung ke sistem kamu. Gambar dibawah mengilustrasikan informasi dari layar USB.

Screen Shot 2015-11-04 at 4.16.13 PM

2. Network: Kategori ini menunjukkan daftar dari konfigurasi jaringan, koneksi jaringan yang aktif, dan keterangan jaringan lainnya. Kamu akan membutuhkan informasi ini hanya ketika ditanya oleh orang teknis untuk protokol jaringan yang kamu gunakan. (Kamu dapat menemukan detil tentang koneksi jaringan di sini)

3. Software: Kategori ini berisi daftar semua aplikasi, font, dan panel preferensi, juga nomor versinya. Jika kamu bertanya-tanya apakah aplikasi kamu perlu diupgrade dengan file patch (untuk memperbaiki bug dalam software) atau upgrade file dari developer, kamu bisa melihat di sini untuk memeriksa nomor versi aplikasi saat ini. Log biasanya berguna untuk bagian personil teknis. Log mendokumentasikan lockups terbaru, aplikasi yang crash, dan juga sistem yang crash.

Screen_Shot_2015-11-04_at_4_17_01_PM

 

 

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.