Cara Mengatur ulang dan Hapus Menu Bar Icons di Mac

Dalam versi OS X sebelumnya, kamu hanya bisa memindahkan ikon seperti baterai dan Wi-Fi, dalam sisi kanan menu bar. Kamu tidak bisa memindahkan ikon untuk aplikasi pihak ketiga. Tapi semua itu telah berubah dengan rilisnya MacOS Sierra, yang memungkinkan kamu untuk memindahkan ikon di mana saja yang kamu mau.

Cara Mengatur ulang Menu Bar Icon di mac OS Sierra

Untuk memindahkan setiap menu bar icon, tekan tombol “Command”, kemudian klik dan drag ikon. Kamu bisa memindahkan ikon di mana saja dengan cara ini.

Artinya kamu bisa memindahkan third-party icon ke kanan, ke wilayah Apple:

move-calendar-icon-frame-gif-pagespeed-ce-1ydl9zm9ib

Dan kamu juga bisa memindahkan memindahkan built-in ikon Apple ke kiri:

 

move-spotlight-icon-frame-gif-pagespeed-ce-5num5zn77x

Cara Mengatur ulang Menu Bar Icon di Versi Lama OS X

Di versi OS X sebelumnya, kamu masih bisa memindahkan ikon dengan menekan “Command” dan drag ikon.

Namun, ini hanya berlaku pada ikon clock, battery, Wi-Fi, Time Machine, audio, fast user switching and Bluetooth. Ini tidak bekerja pada ikon Spotlight atau Notification center, yang selalu berada di sisi kanan bar. Ini juga tidak akan bekerja pada ikon aplikasi pihak ketiga.

650x91ximg_55402784d7eb6

Cara Menghapus Menu Bar Icon di Semua Versi mac OS

Kamu juga bisa menghapus ikon aplikasi bawaan Apple dengan cara yang sama. Drag ikon Siri yang berwarna-warni keluar dari menu bar, dan kamu sudah bisa menghapusnya dengan satu gerakan cepat.

siri-icon-gone-frame-gif-pagespeed-ce-uqcwf0_rfx

Jika di kemudian hari kamu ingin menambahkan Siri kembali di Menu Bar Icon, kamu bisa mengaktifkan kembali di System Preferences. Ini juga berlaku untuk semua aplikasi bawaan Apple (Beberapa aplikasi bahkan tidak mungkin muncul secara default seperti Bluetooth-tetapi kamu bisa memilih untuk menampilkannya dari panel Bluetooth di System Preferences.)

650x402xsiri-renable-icon

Sayangnya, kamu tidak bisa menyembunyikan third-party icon dengan cara yang sama.

Kamu bisa ikon ini dengan mengklik mereka dan pilih “Quit”. Ini akan menghentikan aplikasi yang berjalan di menu bar. Jadi pastikan kamu tidak membutuhkan fungsi dari icon tersebut lagi.

650x182ximg_55402a5b363d3

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.