Cara Mendapatkan Notikasi Apabila Ada App Yang Menggunakan Webcam Mac Kamu

Kamu memang bisa menonaktifkan webcam kamu, tetapi bagaimana jika kamu kadang-kadang masih ingin menggunakannya? Sebuah aplikasi gratis Mac, Oversight memungkinkan kamu agar tahu kapan webcam dan mikrofon sedang digunakan, sehingga kamu bisa memblokir aplikasi yang tidak kamu ketahui.

Download and Install Oversight

Masuk ke homepage Oversight dan download aplikasi tersebut, aplikasi ini akan dalam file ZIP. Klik archieve untuk unzip.

Buka installer, dan ketik password kamu ketika diminta. Kemudian cukup klik tombol “Install”.

Ini akan menginstal dan membuka Oversight, berarti webcam dan mikrofon kamu sudah mulai dipantau dari sekarang.

650x319xoversite-installing

Cara Monitor Penggunaan Webcam dan Mikrofon Kamu

Oversight akan muncul di menu bar kamu dalam bentuk ikon payung. Klik ikon ini untuk memeriksa status webcam dan mikrofon.

650x292xoversite-menubar

Untuk test aplikasi, cobalah buka program apapun yang menggunakan webcam kamu. Ketika kamera menyala, kamu akan melihat notifikasi seperti ini.

510x167xoversight-camera-allow

Seperti gambar diatas, kamu akan melihat bahwa webcam telah diaktifkan, dan kamu juga bisa melihat program yang menggunakannya. Kemudian disampingnya ada dua tombol: “allow” dan “block”, dimana kamu bisa memilih untuk mengizinkan atau memblokir penggunaan webcam. Jika program yang tidak kamu kenal menggunakan webcam, lebih baik pilih “block”.

Jika ada aplikasi mulai menggunakan mikrofon, Oversight akan memberikan notifikasi juga. Misalnya, jika kamu memulai Siri di Mac, kamu akan melihat seperti ini:

399x159xoversight-audio-notification

Setelah kamu selesai berbicara, kamu akan mendapatkan notifikasi lain mengatakan bahwa mikrofon kamu tidak lagi digunakan. Sayangnya, kamu tidak dapat mengetahui aplikasi menggunakan mikrofon, tapi setidaknya kamu akan tahu ketika kamu sedang direkam.

Dan untuk bagian “Preferences”, kamu bisa mencentang “logging” dan “update”. Jika kamu penasaran, kamu bisa menemukan log dengan menuju ke Applications> Utilities> Console, kemudian cari Oversight.

650x445xoversight-preferences

Jika kamu khawatir tentang isu kamera yang bisa diam-diam merekam aktivitas kamu, tetapi tidak ingin memblokir kamera, maka ini adalah pilihan yang layak.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.