Cara Menambahkan Middle Click Pada Trackpad Mac Kamu

Pada dasarnya setiap mouse, scroll wheel bisa diklik untuk melakukan fungsi yang disebut “Middle Click”, dan ini sangat berguna saat browsing. Kamu bisa Middle Click untuk membuka di background, atau Middle Click pada tab untuk menutupnya.

Namun Apple tidak memberikan fitur ini pada trackpad. Hanya memberikan alternatif hold tombol Command sambil mengklik. Jika kamu sudah terbiasa menggunakan Middle Click saat browsing, pastinya kamu tidak akan terbiasa browsing dengan Apple.

Namun, kamu bisa menambahkan fitur Middle Click pada trackpad Mac kamu, berkat third-party app yang bernama MiddleClick.

Langkah Pertama: Download Dan Install Middle Click 

Pertama, download MiddleClick. Aplikasi gratis ini datang dalam file ZIP, yang bisa kamu unzip pada Mac hanya dengan double click. Aplikasi ini akan muncul di folder download kamu.

middle-click-install

Drag aplikasi tersebut ke folder Applications, seperti yang kamu lakukan untuk menginstal aplikasi lainnya. Setelah itu, kamu akan melihat ikon sederhana di menu bar.

middle-click-details

Dengan mengetuk trackpad menggunakan tiga jari, sekarang Mac kamu akan mengidentifikasinya sebagai Middle Click. Kecuali, ada sesuatu shortcut lain yang memonopoli tiga jari.

Langkah Kedua: Menonaktifkan “Look Up” Gesture pada Mac Kamu

Jika kamu tahu bagaimana menggunakan gestures pada Macbook, kamu mungkin ingat bahwa gesture tap  tiga jari memicu pada fitur “Look up” di Mac kamu. MiddleClick tidak bisa bekerja saat gerakan ini diaktifkan, jadi kamu harus menonaktifkannya. Masuk ke System Preferences, kemudian klik “Trackpad.”

system-preferences-trackpad

Hapuskan centang dari kotak “Look up and data detectors”.

system-preferences-look-up

Setelah kamu hapus centang ini, maka kamu sudah bisa memulai Middle click. Tekan link browser dengan tiga jari dan webpage tersebut akan terbuka di background.

Langkah Ketiga: Set MiddeClick untuk Run pada Login

Jika kamu ingin MiddleClick untuk memulai setiap kali kamu boot Mac, kamu bisa melakukannya. Tapi tidak ada pilihan untuk melakukannya di MiddleClick sendiri. Kamu perlu melakukannya secara manual dari pengaturan MacOS .

Masuk ke System Preferences lagi, lalu klik “Users and Groups”.

users-groups-mac-system-settings

Klik tab “Login Items” , dan kamu akan melihat daftar aplikasi yang start up ketika kamu login.

login-items

Klik “+” di bawah daftar ini dan kamu bisa menambahkan MiddleClick ke dalam daftar.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.