Cara Membuka Third-Party Apps dari Developers yang tidak teridentifikasi di Mac OS X

Apple memiliki cara builtin untuk melindungi pengguna agar tidak membuka aplikasi yang berpotensi membahayakan pada komputer di OS X. Pengaturan ini, bernama Gatekeeper. Ia tidak akan menghentikan penginstalan aplikasi dari Mac App Store, tetapi akan mencegah penginstalan aplikasi dari developer lain yang tidak teridentifikasi. Jika kamu ingin menginstal aplikasi dari developer lain, berikut adalah cara untuk melakukannya.

1. Buka “System Preferences” dan pilih “Security & Privacy.”

Screen_Shot_2015-11-27_at_4_09_37_PM

2. Dalam tab “General”, kamu akan melihat tulisan Allow apps downloaded from.” Untuk mengubah pengaturan ini, kamu harus klik ikon gembok di kiri bawah dan masukan password kamu. Setelah itu, kamu bisa memilih tiga pilihan:

  • Mac App Store
  • Mac App Store and identified developer
  • Anywhere

Screen_Shot_2015-11-27_at_4_10_34_PM

Screen Shot 2015-11-27 at 4.11.13 PM

Mac App Store: Ini adalah pilihan paling aman, karena Apple telah meninjau semua aplikasi yang diterima di toko mereka dan kamu bisa menghapusnya dengan cepat jika diperlukan. Pada dasarnya, kamu akan bebas dari malware jika kamu memilih pilihan ini.

Mac App Store and identified developer : Opsi mengijinkan aplikasi dari ” identified developer,” yang pada dasarnya developer yang memiliki ID dari Apple.

Anywhere: Opsi ini menghilangkan halangan dari Gatekeeper pada Mac kamu, kamu bisa menginstal dan membuka aplikasi apapun dari internet, termasuk aplikasi Automator yang dibuat oleh individu tertentu. Namun terkadang hal ini bisa mendatangkan malware.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.