Cara Browse File Kamu pada Mac

Hard drive kamu pastinya berisi jutaan file. Ada file pribadi kamu seperti dokumen, foto atau file musik, tetapi juga ada file sistem yang diperlukan Mac untuk beroperasi dengan benar.

Jika semua file-file ini berada di tempat yang sama, pastinya akan sangat sulit bagi kamu untuk menemukan file-file kamu, kan? Ini akan menjadi satu tumpukan raksasa file. Itulah mengapa adanya folder. Kamu bisa memikirkan folder sebagai kotak di mana kamu dapat menempatkan barang-barang kamu.

Kamu bahkan dapat menempatkan folder di dalam folder lain. Misalnya, Kamu bisa membuat folder bernama foto liburan” dan memasukkannya ke dalam sebuah folder kenangan“. Rapi dan bersih, sesuai dengan cara yang kamu suka.

Mulai

Ayuk kita mulai browsing melalui file Anda. Pertama, klik ikon Macintosh HDdi desktop kamu. Sebuah jendela baru akan muncul.

Screen Shot 2015-10-26 at 3.30.30 PMIni disebut window Finder. Window Finder ini memungkinkan kamu untuk menjelajahi isi dari hard drive.

 

Finder window cara kerjanya

Cukup mudah untuk memahami bagaimana menggunakan finder window. Kita akan menjelaskan hal-hal yang paling basic tentang ini.

 

Mengubah ukurannya

Jika Kamu ingin mengubah ukuran window Finder, cukup drag (tekan terus tombol mousedi salah satu sudut dari empat sudut.

Screen_Shot_2015-10-26_at_3_40_24_PM

Ubah Opsi Tampilan

Jika kamu ingin mengubah tampilan yang dilihat dalam Window Finder, ada beberapa tombol yang harus kamu ketahui.
Screen Shot 2015-10-26 at 3.48.12 PM

Di dalam hard drive kamu

Hard drive baru Mac berisi empat folder:

Screen Shot 2015-10-26 at 4.04.56 PMApplications
Folder Applications berisi semua aplikasi Anda.
Library and system
Kedua folder tersebut mengandung hal-hal yang diperlukan Mac agar dapat bekerja dengan baik.
Users

Folder Users berisi satu folder untuk setiap user dan juga shared folder di mana user dapat menempatkan file-file yang ingin dishare ke semua user komputer agar memiliki akses.

Folder yang terkait dengan penggunaan saat ini (User kamu) akan terlihat sedikit berbeda. tidak tampak seperti folder, namu tampak seperti rumah. Folder ini disebut folder Home kamu.

Screen_Shot_2015-10-26_at_4_07_35_PM
Desktop
Dalam folder Home kamu ada folder bernama Desktop. Ini adalah pantulan asli dari desktop kamu sesungguhnya. Semua file dalam folder ini akan terlihat di desktop kamu.
Documents
Masukan dokumen kamu dalam folder ini. Kata dokumen, dokumen Excel, dokumen Pages ini adalah folder yang tepat untuk semua!
Downloads
Semua hasil download kamu akan otomatis masuk ke file ini.
Movies
Masukkan film kamu dalam folder ini.
Music
Ini adalah folder di mana musik akan dimasukkan. Ketika kamu mulai iTunes secara otomatis akan membuat subfolder bernama iTunes” di folder Music. Jika kamu ingin menambahkan lagu ke iTunes, cukup drag lagu ke ikon iTunes dan lagu tersebut akan secara otomatis diatur ke dalam folder iTunes.
Pictures
Ini adalah folder di mana kamu memasukkan gambar kamu. Jika kamu menggunakan iPhoto untuk mengatur foto, iPhoto secara otomatis akan membuat folder bernama iPhoto” di dalam folder Pictures. Jika kamu ingin menambahkan gambar ke iPhoto, cukup drag gamber ke ikon iPhoto dan gambar akan secara otomatis diatur ke dalam folder iPhoto sehingga kamu tidak perlu melakukannya sendiri.
Public
Jika kamu ingin share file dengan user lain, cukup masukkan di folder Public dan user lain pun dapat mengaksesnya.
Search
Setiap window Finder memiliki kolom search. Cukup ketik sesuatu dan pencarian akan dilakukan.
Screen Shot 2015-10-26 at 4.35.54 PM

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.