Apakah Automator dan bagaimana cara kerjanya?

Di OS X Yosemite, Automator memungkinkan kamu untuk memilih delapan template yang berbeda untuk alur kerja kamu. Template yang dipilih menentukan bagaimana alur kerja mendapat inputnya.

AUTOMATOR-Mac_thumb800

Sebagian besar dari kita yang bekerja menggunakan Mac setiap hari dan biasanya kita memiliki beberapa tugas yang dilakukan berulang-ulang dan yang memakan waktu dan pastinya membosankan. Dengan sedikit persiapan, kamu bisa membuat Mac melakukan semua hal itu semudah drag dan drop elemen ke window, menggunakan Automator.

Apa itu Automator?

Automator adalah alat yang dimiliki OS X yang bida membantu kamu untuk membangun alur kerja untuk melakukan tugas-tugas sederhana dan kompleks, seperti mengubah nama file dalam folder, menggabungkan beberapa dokumen PDF, atau mengubah format film ke format yang lain menggunakan QuickTime.

Apa itu Automator Workflow?

Alur kerja sering digambarkan sebagai resep’. Seperti resep untuk makanan, mereka mengambil daftar input (bahan), melakukan serangkaian tindakan pada input (memasak) dan kemudian memberikan hasilnya. Untuk membuat resep, kamu perlu memberitahu Automator bahan-bahan apa yang dibutuhkan dan di mana untuk mendapatkannya, kemudian, apa yang harus dilakukan pada setiap tahap. Dan, kebanyakkan, semua tindakan itu dilakukan hanya dengan drag dan drop dari daftar pilihan yang tersedia.

Apa manfaat dari Automator?

Ada dua manfaat utama dari Automator. Pertama, kamu tidak perlu berulang kali melakukan tugas-tugas yang sama secara manual. Dan kedua, automator dapat membuat suatu alur kerja hanya dengan drag dan drop, sehingga kamu tidak perlu menulis kode (Walaupun kamu dapat membuatnya lebih kuat dengan AppleScripts).

Tindakan Automator

Automator dapat membantu kamu melakukan 8 tindakan yang berbeda. Workflow, jenis yang paling sederhana, adalah dokumen yang dijalankan dari dalam aplikasi Automator. Kedua, Aplikasi, dapat membantu kamu untuk membuat aplikasi mandiri dimana kamu cukup drop file untuk memicu tindakan tersebut. Ketiga, Service menciptakan resep yang ada di dalam menu Service. Keempat, Print plugins bertugas mengambil dukumen versi PDF untuk dicetak ke dalam Dialog cetak dari aplikasi apapun dan melanjutkan alur kerjanya.  Kelima, Folder actions mengeksekusi alur kerja pada file untuk ditempatkan ke folder yang seharusnya, misalnya, kamu bisa mengubah nama file setelah ditambahkan ke dalam folder. Keenam, Calender Alarms dipicu olehevent yang ada di dalam aplikasi kalender. Ketujuh, Image Capture Plug-in mengambil gambar dari aplikasi sebagai input dan melakukan tindakan pada image tersebut.

Yang terakhir adalah Dictation Commands. Dengan menggunakan ini, kamu bisa dapat menghubungkan perintah lisan dengan tindakan atau alur kerja, kamu bisa ‘memberitahu’ Mac apa yang harus dilakukan. Misalnya, kamu bisa mem-print dokumen Microsoft Word dengan  mengatakan kata-kata ‘Print this.’


Bila kamu telah memilih jenis tindakan, kamu akan melihat Automator Library. Disini adalah host untuk semua Actions dan variabel yang tersedia untuk ditambahkan ke Automator. Actions dikategorikan berdasarkan jenis dan aplikasi (untuk beberapa). Kategori tercantum dalam panel kiri Library ketika tab Actions dipilih. Ketika kamu mengklik kategori, actions dalam kategori akan tercantum di panel depan. Kamu bisa  drag actions yang kamua mau ke window utama.

Actions akan dilakukan secara berurutan, dalam urutan mereka diatur di window utama. Jadi, pastikan kamu menempatkan langkah-langkah dalam urutan yang benar. Kamu bisa menguji alur kerja dengan dalam satu tahap dengan menggunakan tombol “Step” pada toolbar. Untuk menguji Actions yang sudah selesai, gunakan tombol “Run”. Di beberapa situasi,  kamu harus menambahkan step pada awal alur kerja, dan harus memastikan Finder Items yg spesifik, untuk menguji alur kerja, tetapi Automator akan memperingatkan kamu tentang semua itu ketika kamu klik “Run”.

Alur kerja dapat diatur untuk menjalankan tanpa input sama sekali dari kamu setelah mereka telah dipicu, dan kamu juga bisa membuat alur kerja yang meminta kamu untuk memasukkan input pada saat berjalan.

Automator Variables

Jika Automator mampu melakukan itu semua, maka semua akan menjadi gampang, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tab Variabel, misalnya, kamu bisa menentukan variabel dari satu langkah untuk disimpan sehingga dapat diteruskan ke langkah lebih lanjut ke bawah. Contohnya,  Sebuah teks dari halaman web bisa dicopy dan dipaste ke bagian badan untuk pesan email. Atau kamu juga bisa mengambil URL dari halaman web dan paste ke pesan email, atau dokumen teks.

Automator AppleScripts

Automator juga dapat menjalankan AppleScripts sehingga menjadi lebih kuat. Kamu bisa menggunakan AppleScript dalam alur kerja dengan menulis, atau men-download, script yang cocok. Contohnya, untuk membuat folder pada desktop sehingga ketika kamu drop dokumen ke folder itu, akan otomatis membuat note baru di Evernote. Kamu bisa menulis AppleScript singkat untuk membuat note dan menambahkannya ke notebook, dan kemudian gunakan Automator untuk membuat alur kerja dengan itu sebagai output.

Automator Actions Pihak Ketiga

Beberapa developer OS X, seperti Microsoft telah menciptakan tindakan Automator mereka sendiri yang sudah terinstal ketika kamu menginstal aplikasi ini. Jadi misalnya, jika kamu memiliki versi baru dari Outlook pada Mac, kamu akan melihat ada banyak tindakan Outlook khusus yang tersedia dalam kategori Mail di Automator Library. Sama halnya dengan Word dan Excel.

Sekarang kamu sudah membaca teori, saatnya untuk memulai praktek

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.